Tiga Hari Jelang Penutupan, Baru 2 Partai Mendaftar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Batas waktu pendaftaran partai politik (Parpol) peserta pemilu 2019 tinggal sebentar lagi. Pendaftaran yang dibuka mulai Selasa, 3 Oktober akan berakhir pada 16 Oktober hari yang sama.

Namun, hingga menjelang tiga hari waktu tutup pendaftaran, partai yang mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban masih minim.

Tercatat, hingga Jumat (13/10/2017), baru ada dua partai yang mendaftar sebagai peserta pemilu 2019. Hal itu sesuai dengan yang disampaikan ketua KPUD Kabupaten Tuban, Kasmuri.

"Baru ada dua partai yang mendaftarkan diri di KPUD, lainnya belum ada," ujar Kasmuri ketika dijumpai di kantornya.

Dia menjelaskan, adapun dua partai yang telah mendaftar adalah partai Perindo dan Nasdem. Untuk partai Perindo sudah mendaftar sejak kemarin, sedangkan Nasdem baru hari ini.

"Nasdem baru mendaftar hari ini, tadi disamping sejumlah pengurusnya berkas juga sudah kita terima," jelas dia.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Nasdem Tuban, Sumantri menyatakan, untuk pendaftaran di KPUD ini merupakan hasil koordinasi dari DPP. Sebab, DPP juga baru mendaftar di KPU pusat hari ini.

"Kita ikut arahan DPP. Hari ini DPP mendaftar, maka kami yang di daerah juga ikut mendaftar," pungkasnya.

Saat ini, untuk berkas partai Perindo dinyatakan lengkap. Sedangkan untuk berkas Partai Nasdem baru dilakukan pengecekan oleh tim verifikasi KPUD Tuban. [nok/rom]

*Ketua KPUD kabupaten Tuban Tengah