Berkat Bengawan, Padi Petani Sukses Panen Raya

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sejumlah petani padi di beberapa desa yang ada di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban nampak berbondong-bondong melakukan panen raya. Keberhasilan panen raya tersebut rupanya tak luput dari pengairan dari Sungai Bengawan Solo.

Sarwi (58), petani asal Desa Patihan, Kecamatan Widang mengungkapkan, panen padi di tempatnya bisa berhasil karena stok air yang mereka ambil dari Bengawan menggunakan diesel tak pernah telat.

"Selalu dicek agar kapasitas air di sawah selalu terjaga, tadi teman saya itu mau ke sawah untuk ngecek air," ungkapnya kepada blokTuban.com, saat ditemui di tepian sawah miliknya, Rabu (27/9/2017).

Dia mengaku ikut senang, melihat sawah-sawah yang berderet rapi di kanan-kiri sepanjang jalan menuju pusat kecamatan tersebut. "Ikut senang lihat orang-orang bergantian panen, sawah saya juga akan panen sebentar lagi. Tinggal hitungan hari lah mas," tambahnya lagi.

Hal serupa juga terlihat di Desa Ngadirejo, para petani sedang sibuk menuai padi milik salah satu perangkat desa setempat. "Ini sudah tiga hari panenan, kami hanya membantu blower padi milik petinggi desa ini," papar Duri, salah seorang pekerja blower padi asal Purwodadi Jawa Tengah. [feb/rom]