Atasi Kekeringan, Warga Grabakan Manfaatkan Air Waduk

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Musim kemarau yang melanda beberapa desa di Kecamatan Grabagan, mengakibatkan kurangnya pasokan air bersih warga setempat, tak lantas membatasi kegigihan warga untuk memburu sumber mata air di daerahnya.

Waduk Sendang Pancuran, salah satu sumber mata air yang berada di Desa Nggendruk Deso, Kecamatan Grabagan yang terletak 7 Km  dari barat Kantor Kecamatan menjadi salah satu alternatif warga untuk mengatasi krisis air bersih yang melanda di berbagai desa

Di waduk yang memiliki aliran sumber mata air bersih dan besar tersebut, warga sekitar nampak menggunakan air yang ada untuk kebutuhan mencuci baju, mencuci sepeda motor dan mobil, hingga mandi.

Salah satu warga Desa Ngandong, Kecamatan Grabakan, Kusnadi mengaku sering mencuci kendaraan roda empat miliknya di tempat tersebut. "Biasanya  kalau kotor sehabis digunakan untuk mengangkut hewan ternak untuk dijual ke pasar hewan, saya cuci di sini," ungkapnya.

Pria 52 tahun itu menambahkan, sumber air di sini alirannya besar. Selain itu juga jernih, banyak warga yang memanfaatkan sumberan dari Waduk Sendang Pancuran untuk kebutuhannya. "Seperti saya ini, sering cuci pick up juga di sini," jelas Kusnadi saat ditemui blokTuban.com di lokasi sendang yang dihiasi rimbunan pohon besar di sekitarnya itu, Jumat (8/9/2017).

Tak hanya untuk mencuci dan mandi saja, melalui Perusahaan Daerah Air Mineral (PDAM), rupanya Waduk Sendang Pancuran tersebut banyak membantu kebutuhan warga desa sekitarnya, seperti halnya Desa Ngandong yang mendapatkan pasokan air dari sumberan waduk tersebut untuk menyiram tanaman bawang merah.

"Dari sumberan ini, dibagi menjadi 2 aliran sumber. Yang satu ke daerah Nggendruk Boro dan sekitarnya, satunya lagi sampai ke Ngandong, yang biasanya lebih suka dipakai menyiram bawang daripada dipakai untuk mandi," kata warga lainnya.

Kendati demikian, bangunan pembendung air di Waduk tersebut rupanya tak begitu terawat. Hal itu bisa dilihat dengan robohnya bagian tembok bendungan air yang ada di sebelah barat sumber air utama dari Waduk Sendang Pancuran. [feb/ito].