Bupati: Pramuka, Garda Terdepan Bangsa dan Aset NKRI

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Peringatan Hari Paramuka ke-56, Gerakan Pramuka Kuwartir Cabang (Kwarcab) Tuban menggelar Apel Besar di Alun-alun Kabupaten Tuban, Senin (14/8/2017) siang.

Dalam apel besar yang dihadiri oleh Forkopimda Tuban dan ribuan siswa-siswi tersebut, H. Fathul Huda selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kwarcab Tuban menjadi pembina besar apel.

Saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Dr. Adhyaksa Dault, SH, M.Si, Kamabicab Gerakan Pramuka Kwarcab Tuban berharap, kedepan gerakan pramuka dapat diberi ruang dan dukungan untuk dapat terus merealisasikan visi-misinya.

"Khususnya terhadap pelaksanaan pembentukan karakter kaum muda Indonesia di seluruh tanah air," ujar pria yang juga menjabat sebagai Bupati Tuban tersebut.

Menurutnya, Pramuka adalah garda terdepan Bangsa, garda terdepan Pancasila, yang merupakan aset penting bagi keutuhan NKRI. 

Untuk itu diharapkan kepada publik secara luas, khususnya para orangtua dan guru, agar tidak ragu-ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungannya kepada putra-putrinya mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing-masing.

“Gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak-anak dalam keluarga, dan pendidikan formal di sekolah,” tambah Bupati.

Diketahui, rangkaian Hari Pramuka ke-56 ini diawali dengan ulang janji di SMA Al-Huda sekaligus pengukuhan Gugus Depan SMA Al-Huda, Minggu (13/8/2017). Dilanjutkan Sarasehan dengan Pembicara Kasdim 0811 Tuban, setelah itu pada tanggal 14 agustus pagi dilaksanakan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Ronggolawe Tuban dan ditutup dengan Apel Besar Pramuka.[hud/col]