Kepala KPP Pratama: Kesadaran Masyarakat Bayar Pajak Belum Tinggi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kepala Kantor pelayanan pajak (KPP) Pratama Tuban, Eko Radnadi Susetio mengungkapkan, kesadaran masyarakat untuk membayar pajak belum maksimal.

Hal tersebut disampaikan Eko saat memberikan materi Pajak Bertutur di beberapa sekolah di Tuban. "Kesadaran masyarakat Tuban belum tinggi dalam membayar pajak," kata Eko kepada sejumlah wartawan.

Dia menjelaskan, belum maksimalnya masyarakat Tuban dalam membayar pajak itu bisa terlihat dari jumlah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang ada di data KPP Pratama Tuban.

Saat ini jumlah masyarakat Tuban yang memiliki NPWP berkisar 90 ribu, namun dari keaktifan yang melaporkan SPT tahunan baru mencapai persentase 60 persen.

"Dari persentase yang ada, dari 100 persen yang aktif membayar pajak sekitar 60 persen, jadi bisa dikatakan belum maksimal," pungkasnya.

Maka dengan kondisi demikian, pihak KPP Pratama akan terus melakukan sosialisasi semaksimal mungkin dengan menggandeng sejumlah pihak, agar tujuan negara di sektor pajak ini bisa terwujud.

"Kita terus bersosialisasi, tujuannya agar masyarakat bisa aktif dan sadar pajak," tutup Eko. [nok/col]