Pentas di Istana Negara, Karawitan Parengan Siapkan 14 Tembang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kelompok Kesenian Karawitan 'Yoga Laras' dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukorejo 1, yang dinaungi 'Sanggar Ngripto Raras' Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban telah diberangkatkan ke Istana Negara/Kepresidenan Jakarta, Senin (14/8/2017).

Kelompok Karawitan tersebut diberangkatkan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban.

Dari keterangan Kepala Sekolah SDN Sukorejo 1, Mulyono, dalam pentas di Istana Negara tersebut kelompok karawitan yang dinaungi Sanggar Ngripto Raras itu telah mempersiapkan sebanyak 14 tembang karawitan.

"Ada 14 tembang yang sudah dipersiapkan untuk pentas di Istana Negara," ungkapnya.

14 tembang tersebut disesuaikan dengan acara kegiatan, yakni dalam rangka HUT RI ke-72. "Antara lain, tembang berjudul ancung-ancung, lancaran 45, lancaran mari kangen, ladran pariwisata, lumbung desa," tambah Mulyono.

Sementara itu, menurut Disparbudpora melalaui Staf Bidang Kebudayaan Tuban, Ariesman mengatakan, kesenian karawitan dari Parengan itu menjadi kontingen Jatim untuk pentas di Istana Negara. Selain itu Jatim juga mengirimkan kesenian asal Banyuwangi.

"Awalnya dalam Pekan Kesenian Pelajar yang diselenggarakan di Kediri, kelompok karawitan itu juara 1 se-Jatim sehingga layak untuk menjadi kontingen jatim," pungkasnya. [hud/rom]