Cari Bibit, PHBN Bangilan Gelar Turnamen Bola U-12

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebanyak 26 tim U-12 tahun tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bangilan, Tuban mengikuti turnamen sepak bola dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 72.

Kegiatan yang digelar panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) kecamatan setempat itu, berlangsung di Lapangan Gelora 17 Agustus Bangilan, dengan skema sistem gugur.

Ketua panitia PHBN cabang olahraga (Cabor) sepak bola U-12, Eko mengungkapkan, di turnamen ini terdapat 18 tim dari lembaga SD dan 8 tim dari lembaga Madrasah Ibtidaiyah (MI). Pelajar yang berbakat nantinya akan dibina secara berjenjang agar menjadi pesepakbola handal.

"Selain untuk memeriahkan atau memperingati hari kemerdekaan RI, kita bisa mencari bibit-bibit pesepakbola handal dari Bangilan," ungkap Eko, saat dikonfirmasi blokTuban.com, Selasa (25/7/2017).

Diyakini, sebenarnya Kecamatan Bangilan memeliki bibit unggul di cabor sepak bola. Untuk bisa memunculkan itu, maka momen menjelang bulan Agustus ini sangat pas jika turnamen ini digelar. Apalagi saat ini, Tuban sendiri juga mulai konsentrasi menggemakan dunia sepak bola dengan lahirnya Persatu dan Bumi Wali FC.

"Melalui turnamen ini kita bisa tahu dari lembaga mana, anak-anak yang berbakat. Sebagai tindak lanjut, kita akan adakan latihan secara rutin," tegasnya.

Sementara itu, seorang guru olahraga SD peserta turnamen menyebut, pelajar begitu antusias mengikuti rentetan jalannya turnamen. Sebagai pendamping tim, dirinya juga sepakat jika ditemukan bibit pesepakbola untuk diasah lebih matang. Jika perlu, direkomendasikan agar mengikuti pembinaan di sekolah sepak bola.

"Anak-anak begitu antusias dengan diadakannya turnamen sepak bola tingkat dasar seperti ini," tutur Guru olahraga, Syaifuddin saat dimintai keterangan usai anak didiknya bertanding.

Apalagi, lanjut dia, saat ini di Kecamatan Bangilan juga ada sekolah sepak bola. Harapannya, dari Bangilan lahir bibit baru yang bisa tembus ke level nasional.

"Sesuai harapan Kepala UPT Dinas Pendidikan Bangilan, anak-anak kami bisa menjadi pesepakbola level Nasional nantinya," pungkas Guru olahraga yang familier disapa Udin itu. [rof/ito]