Banjir Tumpeng di Acara Sedekah Bumi Tanggung

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Secara turun temurun warga Dusun Tanggung, Desa Kedungjambangan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban telah menyelenggarakan tradisi sedekah bumi. Warga desa setempat, berniat menjadikan tradisi ini sebagai salah satu destinasi wisata.

Di Tanggung, sedekah bumi dikaitkan rasa syukur warga desa atas kemurahan semesta yang telah memberi kehidupan. Diwujudkan dengan mengadakan hajatan atau kondangan. 

Sejak pagi, sebagian besar masyarakat mulai berdatangan ke lokasi sendang membawa tumpeng atau ambeng yang berisi nasi dan jajanan. Masing-masing warga membawa satu tumpeng untuk dimakan bersama setelah didoakan pemuka agama.

Pada hari sedekah bumi, hajatan digelar diantara sendang lanang dan sendang wedok Mbeji. Sekitar pukul 10.00 WIB pagi, pemuka agama setempat memimpin doa bersama. 

"Semoga acara yang sudah dimulai sejak tadi malam berjalan lancar," ujar Kepala Desa Kedungjambangan, Maftuh saat membuka acara hajatan, Minggu (9/7/2017).

Ratusan warga yang sebagian besar didominasi kaum hawa duduk di bawah rindangnya pohon jati di lokasi sendang. Para peserta, penuh hikmad memanjatkan doa dan tahlil bersama.

Setelah didoakan, tumpeng yang sudah dibawa dari rumah masing-masing di buat makan bersama. Sebagian kecil anak-anak saling berebut nasi maupun panggang ayam dan jajanan.

"Tidak ada maksud lain kecuali mewujudkan rasa syukur kepada Allah, dan semoga setelah acara ini masyarakat dijauhkan dari balak," pungkas Kades dua periode itu. [rof/col]