Hidup Harus Tetap Belajar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Belajar dan terus belajar itulah yang dilakukan Camat Bangilan, Moch. Maftuchin Riza. Seba, jika menelisik latar belakang karirnya, selama 16 tahun mengabdi pada Negeri, berbagai jabatan pernah ia tekuni. Jika dihitung sejak tahun 2001 silam, hingga saat ini terdapat 10 jabatan strategis yang pernah ia tempati.
 
Lahir di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada 5 Juli 1978, suami Novia Dwi Astuti itu, memulai pendidikan dasarnya di SD Ledokwetan Bojonegoro. Setelah lulus tahun 1991, dirinya melanjutkan ke SMP Negeri 1 Bojonegoro lulus tahun 1994. Untuk tingkat atas, camat yang kerap disapa Riza itu melanjutkan ke SMAN di kota yang sama dan tuntas di tahun 1997.
 
“Setelah dua belas tahun menimba ilmu di kota kelahiran, saya memilih mengambil kuliah di STPDN Jatinangor, sejak 1997 hingga 2001,” katanya sambil tersenyum.
 
Camat Riza, bisa dibilang orang yang cukup beruntung bisa sekolah di pemerintahan dan lulus langsung ditempatkan di wilayah yang tidak jauh dari keluarga. Sebab, setelah dinyatakan lulus tahun 2001 ia mendapat tugas mengabdi di Kabupaten Tuban dengan jabatan staf BKD.
 
Karir bapak tiga anak ini cukup bagus. Tidak butuh waktu lama ia harus pindah tugas dari staf BKD ke Bagian Umum Setda Tuban dengan interval waktu satu minggu. Yang tak kalah bagusnya lagi ia hanya menjabat dalam waktu dua minggu dan diminta Bupati Tuban waktu itu untuk menjadi ajudannya.
 
“Jadi, setelah tiga minggu lulus saya diangkat sebagai ajudan Bupati Haeny pada waktu itu,” jelasnya dengan bawaan yang santai saat ditemui wartawan media ini.
 
Kemudian, di tahun 2007 ia diangkat menjadi Kasubag tata pembangunan. Di tahun 2009 ia pindah jabatan menjadi kasubag tata pembangunan dan kemasyarakatan. Ia menjabat selama satu tahun, sebab di tahun 2010 ia harus pindah tugas ke Kecamatan Palang menjabat sebagai Kasi Kesra Dan Pelayanan Umum.
 
Setelah dua tahun, Riza kembali mendapat jabatan yang cukup strategis di Pemerintahan Kabupaten Tuban. Sebab pada tahun 2012 ia diangkat Bupati Tuban, Fathul Huda menjadi Kasubag Humas Dan Protokoler Bagian Humas Dan Media. Selama dua tahun ia meniti karir tanpa ada cela.
 
“Sebelum jadi Camat Bangilan sejak 2017, pada tahun 2014 hingga 2016 saya menjabat sebagai Sekcam di Montong kemudian lanjut di Widang,” jelas Riza.
 
Pernah menitikan air mata saat kunjungan ke masyarakat
 
Dikisahkan Riza, saat ia menjabat di isetiap tempat tentu ada kenangan tersendiri yang mengiringi perjalanan karinya. Bahkan, dari sebagian cerita hidupnya ada satu yang menjadi perhatian kita semua.
 
Sewaktu dirinya menjabat sebagai Sekcam, tentu sering belusukan ke desa-desa untuk mengontrol masyarakat. Ketika itu, ia menemui seorang warga yang sangat memprihatinkan keadaannya. Selain miskin harta, yang paling ironis adalah meskin iman.
 
“Tidak habis pikir saya langsung meneteskan air mata ketika masyarakat saya ada yang masih minim iman,” katanya dengan menghela nafas panjang.
 
Tentu dengan temuan itu, menjadi atensi bagi stakeholder untuk bergerak mengatasi situasi ini. Jika ini dibiarkan dosa besar akan dipikul seorang pemimpin dan harus dipertanggungjawabkan kelak di akhirat.
 
Untuk itu, sesuai visi misi Bupati Tuban, dengan jabatan Camat Bangilan yang diemban saat ini ia akan terus berusaha meningkatkan pemahaman religi masyarakat dengan menggandeng para ulama. Melalui pengajian-pengajian di daerahnya, Camat yang juga menjabat sebagai pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tuban ini, akan ikut menyemarakkan.
 
“Seperti pengajian Ahad Pagi yang sudah berjalan di Bnagilan selama ini, kita akan terus tingkatkan dan kembangkan,” pungkasnya. [rof/ito]

Kilas Data Diri Camat Bangilan

Nama  : MOCH. MAFTUCHIN RIZA
TTL      : BOJONEGORO, 5 JULI 1978
ISTRI  : NOVIA DWI ASTUTI
ANAK  :
1.     HAFIZH MAULANA NUR ZAVI
2.     HAFZAH NADIA AQILA PUTRI
3.     HAFAZH MUHAMMAD HABIBI