Bupati Berharap Potensi Desa Kurangi Angka Kemiskinan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Desa di Kabupaten Tuban diminta untuk lebih serius mengoptimalkan potensi desa, dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kondisi ini perlu dilakukan guna mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Tuban.

Hal tersebut diserukan Bupati Tuban, Fathul Huda dalam kegiatan safari Ramadan yang dilakukan bersama Forkompimda dengan Forkopimcam serta Pemerintah Desa di beberapa Kecamatan se-Kabupaten Tuban, selama Ramadan 2017 ini.

Menurut orang nomer satu di Kabupaten Tuban itu, ujung tombak kemajuan Kabupaten Tuban berada di desa. Sebab, segala potensi di desa sungguh melimpah.

"Ujung tombak kemajuan kota atau kabupaten ada di desa dengan syarat potensinya," ujar Bupati Tuban dua periode.

Untuk itu, Camat beserta kepala desa diharapkan turut membantu mengoptimalkan lembaga di desa dalam perkembangannya. Sebab, diindikasi pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memaksimalkan potensi desa, saat ini belum dioptimalkan secara sungguh-sungguh oleh pemerintah desa dan lembaganya.

"Di desa ada tim PKH, TKSK, dan yang lainnya. Lembaga desa harus bisa mengoptimalkan itu, agar pembuangan bisa tercapai," tegas Bupati yang religius itu.

Secara terpisah, Camat Bangilan, Moch Maftuchin Riza mengungkapkan, dengan segala potensi desa yang tersebar di Kecamatan Bangilan, pihaknya akan berusaha melakukan optimalisasi stakeholder yang ada. Melalui Pemerintah Desa, tokoh agama, pemuda, dan lembaga-lembaga di masyarakat untuk mengangkat potensi desa.

"Di Bangilan sudah ada benih-binihnya, tinggal kita tingkatkan agar bisa membuka peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian," tukas mantan Sekretaris Camat Widang itu. [rof/rom]