Martin Kriegner Jabat Wakil Presiden Komisaris Holcim

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, para pemegang saham menyetujui laporan tahunan kinerja 2016 dan penunjukan Martin Kriegner sebagai Wakil Presiden Komisaris Holcim Indonesia, Jakarta (24/5/2017).

Dengan dipilihnya Wakil Presiden Komisaris Holcim Indonesia, Holcim Indonesia terus mengoptimalkan potensi untuk memperluas peluang bisnis selain mengantisipasi upaya Pemerintah mengakselerasi realisasi proyek-proyek baik perumahan maupun infrastruktur yang tertunda.

Sementara itu, pertumbuhan kredit perumahan tercatat hanya mencapai 8 persen pada kuartal pertama tahun ini, lebih rendah dari prediksi 11 persen karena daya beli yang rendah, sedangkan pertumbuhan kredit perumahan pada kuartal kedua tahun 2017 diharapkan dapat mencapai 12 persem yang ditargetkan pada segmen menengah.

Menanggapi kondisi sulit yang menyebabkan penurunan kinerja sebagian besar industri, termasuk pelaku bisnis semen pada tahun 2016. Terkait hal ini, Presiden Direktur Holcim Indonesia, Gerhard Wolfgang Schutz mengatakan kondisi dinamis yang tidak menentu masih menjadi alasan utama untuk tetap waspada dan cekatan dalam memberikan nilai tambah bagi para pelanggan dan pemangku kepentingan.

"Industri bahan bangunan dan konstruksi masih berada dalam tekanan karena perlambatan perekonomian yang mempengaruhi daya beli pelanggan. Dengan demikian, peran Pemerintah diharapkan mampu menciptakan lingkungan bisnis yang lebih kondusif dan memulihkan perekonomian,” ujarnya.

Menurutnya, ke depan, Holcim Indonesia terus berfokus dalam transformasi komersial untuk meningkatkan penjualan serta melayani kebutuhan pelanggan yang ada di dua pasar semen terbesar, yaitu Sumatra dan Jawa. Perusahaan juga terus melakukan inisiatif-inisiatif efisiensi dan penurunan beban pada proses produksi, distribusi, keuangan dan meningkatkan penggunaan bahan baku alternatif.

Selain adanya tambahan kapasitas produksi dari pabrik semen yang ada di Lhoknga, Aceh, keberadaan Holcim di Sumatra diperkuat dengan operasional terminal semen di Lampung serta gudang semen baru di Palembang yang diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2018. Terminal semen di Lampung menjamin pasokan untuk melayani kebutuhan pasar lokal dengan total kapasitas 1 juta ton pertahun.


Untuk diketahui, Ian Thackwray telah memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai Wakil Presiden Komisaris karena alasan pribadi untuk menempuh tantangan baru di luar Grup LafargeHolcim. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, Martin Kriegner telah mendapatkan persetujuan pemegang saham untuk menggantikan Ian Thackwray sebagai Wakil Presiden Komisaris. Dengan keahlian yang dimiliki oleh Martin Kriegner dalam industri semen, dan pengalaman bekerja di negara-negara Asia sebelumnya, Perusahaan akan memanfaatkan kapasitas beliau dan segenap jajaran manajemen lainnya untuk terus mengembangkan perusahaan. [dwi/lis]