Berkat TMMD, Warga Sumurjalak Miliki Sanitasi Layak

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Warga Desa Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban kini memiliki sanitasi layak berupa kamar mandi cuci kakus (MCK) umum.

Adanya sanitasi umum ini lantaran program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ada di desa setempat. TMMD merupakan satu wujud Operasi Bakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral.

Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo mengatakan program membangun desa kali ini menyasar pembangunan fisik dan non fisik di antaranya pembuatan sanitasi dan sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba serta lainnya.

"Pembuatan MCK umun ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya pola hidup bersih agar masyarakat desa selalu sehat dan kuat," ujar Sarwo Supriyo.

Dalam Program TMMD Ke-98 kali ini, lanjutnya, sanitasi umum yang dibangun sedikitnya ada 2 unit.  Sebelumnya, program jambanisasi dari TNI AD sudah ada sejak awal 2016 lalu. Jamban ditujukan kepada masyarakat kurang mampu yang tidak memiliki Jamban.    

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat terbantu. Khususnya masalah kebutuhan sarana MCK yang layak dan sehat," tambahnya.

Sehingga, Sarwo Supriyo mengatakan program ini tercapai utamanya untuk mensejahterakan masyarakat. Karena, menurutnya selama ini masih terdapat sebagian masyarakat melakukan aktivitas MCK di sungai. [dwi/col]