Kapolres: Jangan Percaya Penjualan Kunci Jawaban UN

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penangkapan seorang mahasiswa yang menjadi tersangka penipuan berkedok penjualan kunci jawaban Ujian Nasional tingkat SMA mendapat perhatian serius Polres Tuban. Untuk itu, Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad mengimbau untuk tidak percaya dengan tawaran kunci jawaban.

Pelaksanaan UN tingkat SMA yang akan dilaksanakan tanggal 10 April ini rupanya dimanfaatkan MKU (21) untuk menghasilkan pundi rupiah. Pemuda yang berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Bojonegoro ini telah mengantongi sedikitnya Rp31.600.000.

"Untuk adik-adik yang akan melaksanakan UN lebih mempersiapkan diri, tidak usah percaya kalau ada yang menawarkan kunci jawaban atau soal ujian," ujar Fadly Samad.

Terlebih, lanjutnya saat ini sistem ujian telah diperketat dan aman. Bahkan dalam pengamanan soal ujian melibatkan aparat kepolisian.

"Di samping itu beberapa sekolah telah melakukan ujian dengan sistem komputer," tambahnya.

Dalam pelaksanaan ujian mendatang, permintaan berpangkat dua melati di pundak itu berharap dapat berjalan lancar. Untuk indikasi adanya sindikat penipuan berkedok penjualan kunci jawaban UN tengah dilakukan pengembangan kasus. [dwi/ito]