Jalan Desa Gelap, Warga Patungan Pasang LPJU

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Jalan poros desa di Dusun Bamban, Desa Sidodadi, Bangilan minim penerangan. Saat malam, kondisi jalan gelap gulita. Untuk itu warga beramai-ramai mengumpulkan dana untuk membelikan kabel, tiang, dan lampu karena pengaduan minim respon.

"Warga patungan untuk pasang lampu penerangan jalan umum (LPJU) masuk desa, bagi yang punya kabel juga disumbangkan," ujar Yuni (34) kepada blokTuban.com, Minggu (26/3/2017).

Dijelaskan Yuni, segala kebutuhan lampu semuanya usaha warga. Jika di kalkulasi lampu yang menerangi jalan sepanjang hampir 1 kilo meter itu, menelan biaya puluhan juta rupiah. Selain jalan desa, dikatakan dia, lampu juga menerangi akses ke tempat pemakaman umum.

"Lebih dari Rp10 juta biaya yang dikeluarkan warga, dengan harapan desa menjadi terang dan meminamlisir bahaya di waktu malam," tandasnya.

Ditambahkan warga lain Edy Pratama (30), setiap pulsa listrik habis, warga patungan Rp3000 setiap kepala keluarga. Diungkapkan Edy sapaan akrabnya, dengan semangat gotong royong semua ini bisa terlaksana.

"Saat ini desa kami sudah terang benerang jika malam hari, warga sudah tidak lagi khawatir saat melintasi jalan desa yang berada di area persawahan," pungkasnya. [rof/ito]