10:00 . Berakhir 5 Juni 2022, Segera Daftarkan Diri di Program Kampus Mengajar Angkatan 4   |   09:00 . Subsidi Minyak Goreng Berakhir 31 Mei, Tiga Pilar Jatirogo Cek Stok di Pasar Tradisional   |   08:00 . Bahaya Makan Mie Instan yang Perlu Diwaspadai, Hindari Mengonsumsinya Terlalu Sering   |   18:00 . Sejumlah Nelayan Palang Nekat Melaut Meski Ancaman Ombak Tinggi   |   17:00 . Info Grafis : Fakta Banjir Rob di Tuban   |   16:00 . 593 CJH Latihan Manasik Haji di Lapangan Perumdin SIG Ghopo Tuban   |   15:00 . Wabah PMK Merebak, Penjualan Daging Sapi di Plumpang Masih Stabil   |   14:00 . Waspada! Angka Kasus PMK di Tuban Naik, Sapi Terinfeksi Menyebar di 14 Kecamatan   |   13:00 . Jasad Nelayan Lamongan Ditemukan Mengapung di Perairan Tuban, Ini Identitasnya   |   12:00 . 5 Perguruan Silat Jenu Komitmen Ciptakan Suasana Kondusif di Kawasan Industri   |   11:00 . Sesalkan Pembangunan Jembatan Glendeng Buru-buru, KNPI: Pemkab Tuban Rugikan Pengguna Jalan   |   10:00 . Sampah Meluber Pasca Banjir Rob, Pedagang di Pantai Magrove Tuban Mulai Bersih-bersih   |   09:00 . Fasilitas Olahraga di Tuban Rusak Diterjang Ombak, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta   |   08:00 . Ini Keunggulan Bumbu Dapur Menjadi Bahan Herbal Sebagai Obat Batuk   |   19:00 . Kandang Rusak Diterjang Banjir Rob, Peternak Ayam Aduan Rugi Rp10 Juta   |  
Fri, 27 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Hidup Sebatangkara, Kondisi Mbah Kajimah Memprihatinkan

Tidak Bisa Beraktifitas, Mbah Kajimah Dirawat Oleh Perawat Bayaran

bloktuban.com | Saturday, 25 March 2017 19:00

Tidak Bisa Beraktifitas, Mbah Kajimah Dirawat Oleh Perawat Bayaran

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sungguh malang nasib Kajimah (90) warga RT:01/RW:02 Desa Temayang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Diusianya yang telah tua tersebut ia hanya hidup sebatangkara di rumah bambu berukuran 4x6 meter.

Tidak hanya itu, yang lebih memprihatinkan lagi ialah kondisinya yang akhir-akhir ini mengalami sakit-sakitan. Dari informasi yang dihimpun blokTuban.com, Sabtu (25/3/2017), beberapa pekan lalu Mbah Kajimah terjatuh dan hingga saat ini ia harus terbaring ditempat tidurnya, seperti halnya orang lumpuh yang tak berdaya untuk berdiri dan berjalan.

Selain, yang dikeluhkan semenjak ia terjatuh saat mau mandi di tempat pemandian umum atau bak adalah sakit kakinya bagian kanan, Mbah Kajimah juga terserang penyakit kulit bagian punggungnya.

"Semenjak terjatuh beberapa pekan lalu, Mbah Kajimah hanya berbaring ditempat tidurnya. Semenjak itu pula Mbah Kajimah terserang penyakit kulit," kata Ketua RT setempat Kartini.

Kartini menjelaskan, hingga saat ini kaki Mbah Kajimah sakit dan tidak bisa melakukan aktifitas apapun, ia dirawat oleh Darmiah (55) tetangganya, perawat bayaran yang selalu standby pagi, siang dan malam.

"Kemungkinan Mbah Kajimah juga memiliki sanak keluarga, namun enggan mengakuinya dan merawatnya," kata Kartini.

Ia menambahkan, Darmiah dibayar dengan memakai uang hasil patungan atau bantuan warga sekitar, namun bantuan itu tidak seberapa, sehingga hanya cukup untuk membayar perawatnya saja, tidak untuk kebutuhan sehari-hari Mbah Kajimah.

Terpisah, Darmiah yang merawat Mbah Kajimah mengaku sudah sekitar 20 hari ini, ia selalu standby di rumah Mbah Kajimah, ia menambahkan setiap harinya waktu yang dihabiskan di rumah Mbah Kajimah lebih banyak dibandingkan di rumahnya sendiri.

"Setiap hari harus mensibini, mengobati, dan memberikan makan serta mencuci baju dan membersihkan saat Mbah Kajimah buang air besar maupun kecil," ujar perawat bayaran tersebut kepada blokTuban.com.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Temayang, Nanang Saputro berharap kepada dinas yang terkait agar tidak hanya diam melihat kondisi yang dialami oleh Mbah Kajimah dan warga lain yang kategorinya miskin.

"Saya berharap dinas yang terkait dan pihak desa intensif memantau perkembangan kesehatan Mbah Kajimah," kata Nanang.[hud/ito]

Tag : Kajimah, temayang, kerek



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 25 May 2022 14:00

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban Tuban merupakan rumah bagi industri besar skala nasional dan multinasional didalamnya. Sepanjang tahun 2020 realisasi penanaman modal asing (PMA) di Tuban mencapai 5,9 triliun rupiah yang menempatkan Tuban sebagai penyokong...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more