Baru Sekitar 3 Bulan, TPT di Dagangan Ambles

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang kurang lebih 25 meter di Dusun Tanjung, Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban yang baru dibangun pada akhir tahun 2016 lalu mengalami pergeseran dan ambles.

Dari informasi yang diperoleh blokTuban.com, pergeseran dan amblesnya TPT yang dapat dikategorikan baru dibangun itu, dikarenakan beberapa kali diguyur hujan dengan intensitas lebat.

Menurut salah satu warga sekitar, Sumaji (50) mengatakan, TPT yang baru selesai dibangun sekitar tiga bulan lalu itu ambles disebabkan karena guyuran hujan dengan intensitas lebat pada Kamis (16/3/2017) dini hari lalu.

"Setiap kali diguyur hujan, tanah yang berada di bagian samping jalan longsor, namun hujan lebat kemarin ini membuat longsor semakin parah dan TPT jalan ambles dan geser," ungkap Sumaji kepada blokTuban.com.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Dagangan mengatakan, parahnya longsor dan amblesnya TPT yang baru dibangun pada akhir 2016 itu saat kemarin diguyur hujan deras.

"TPT yang ambles akibat guyuran hujan itu selesai dibangun pada akhir tahun 2016," katanya saat ditemui blokTuban.com, Jumat (17/3/2017).

Kades menambahkan, kondisi ambles dan longsornya tanah tersebut sudah dilaporkan kepada UPTD Kecamatan Parengan. Ia berharap agar TPT tersebut diperbaiki dengan maksimal secepatnya.

"Saya berharap diperbaiki dengan maksimal secepatnya," pungkasnya. [hud/mu]