Pelajar Sekolah Dini di Rengel Terima Wawasan Rambu Lalulintas

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Ratusan anak sekolah dini, terdiri dari TK dan PAUD berkunjung ke Markas Polsek Rengel, Senin (27/2/2017). Dalam agenda tersebut, pelajar yang termasuk dalam Gugus I Kartini tersebut menerima wawasan rambu-rambu lalulintas.

Ada hal unik dalam penyampaian wawasan tersebut. Terdapat beberapa laki-laki berseragam polisi mengenakan topeng badut berhidung merah bulat. Tidak lupa rambut kribo palsu berwarna-warni layaknya pelangi.

Salah satu badut tersebut tidak lain ialah perwira kepolisian Kapolsek Rengel, Ajun Komisaris Polisi Musa Bakhtiar. Ia menjelaskan dengan berdandan ala badut, bersama anggota lainnya agar lebih dekat dan tidak lagi menimbulkan rasa takut kepada anak-anak.

"Dengan berdandan ala badut maka anak-anak akan lebih dekat dengan kami," tutur Musa.

Saat bersemangat terbangun di tengah pelajar belia tersebut, tanpa canggung mereka saling berebut ketika di ajak bernyanyi bersama aparat berseragam coklat itu. Lantas dalam satu kesempatan yang sama, mantan Kasatlantas Polres Sumenep tersebut memperkenalkan kepada anak-anak tentang etika dan rambu-rambu lalu lintas.

"Pengenalan tentang lalu lintas harus dimulai sejak dini, maka kami berharap agar para orang tua dan guru sekolah ikut menanamkam hal itu kepada anak-anak mereka. Sehingga hal itu akan menjadi kebiasaan yang baik dan terus tertanam dalam anak hingga mereka dewasa," ujarnya.

Selain itu, ia menyisipkan tips kepada anak-anak ketika berhadapan dengan orang asing di jalan. Ia mengatakan agar tidak menuruti ajakan orang asing serta segera berlari dan meminta bantuan apabila mereka memaksa. Hal tersebut dilakukannya untuk mengantisipasi terjadinya penculikan anak yang kerap meresahkan.

Sementara itu dikatakan oleh Zulfatun Niamah S.Pd, ketua Gugus I Kartini yang mendampingi para pelajar, kegiatan tersebut berharap dapat bermanfaat bagi anak-anak didik usia dini. Selain itu, kunjungan pagi ini menjadi media merupakan pengenalan profesi kepada anak-anak pelajar TK dan PAUD.

"Jumlah pelajar dari Gugus I Kartini yang ikut berkunjung sekitar 200 anak", ujarnya.

Diketaui, Gugus I Kartini sendiri meliputi beberapa sekolah TK dan PAUD dari Desa Maibit, Pekuwon, Bulurejo dan Kebonagung Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Selain mengunjungi kantor polisi, rencananya para pelajar tersebut juga akan diajak berkunjung ke kantor pos dan sejumlah instansi lainnya di wilayah Kecamatan Rengel.[dwi/ito]