Parkir Elektrik Pasar Baru Sering Tak Berfungsi?

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Parkir elektrik yang dipasang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban di Pasar Baru, Jalan Gajah Mada, Tuban, diketahui sering tidak dipergunakan. Padahal, alat tersebut dipasang untuk mencegah adanya kebocoran penerimaan daerah dari hasil parkir pasar.

Beberapa kali, petugas terlihat mencatat jumlah kendaraan yang akan masuk area pasar, Sabtu (7/1/2017). Cara sama yang dilakukan petugas sebelum mesin elektrik itu dipasang setahun lalu menggunakan dana APBD.

Petugas parkir di lapangan mengatakan, ada kerusakan sensor di alat tersebut, sehingga masih menunggu teknisi untuk pembenahan agar bisa berfungsi kembali. "Perbaikan menunggu teknisi, nanti bisa difungsikan kembali," ujar seorang pria menjelaskan.

Meski sudah setahun dipasang, sampai sekarang pencatatan manual kendaraan yang masuk di lokasi pasar masih sering dilakukan. Kondisi ini juga pernah ditulis pada bulan Mei tahun 2016 lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana menjelaskan, kondisi alat parkir elektrik masih bekerja dengan baik. Pencatatan secara manual terkadang dilakukan ketika banyak sekali pengunjung di pasar baru Tuban, supaya memperlancar arus masuk ke pasar dan tidak mengganggu arus lalu lintas yang berada di pinggir jalan pantura.

"Dilakukan secara manual ketika pengunjung banyak, agar arus masuk ke pasar tetap lancar," kata Budi. [pur/rom]