19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |   10:00 . Wajib Pantau Statistik Batas Nilai Atas dan Bawah yang Diterima SMK di Kabupaten Tuban, Klik Link Berikut   |   09:00 . Ini 4 Tuan Rumah Porprov Jatim VIII Tahun 2023   |   08:00 . 5 Doa Dijauhkan dari Orang Munafik dan Hal Buruk dalam Hidup   |   07:00 . 9 Bencana Kebakaran di Tuban Sejak Januari-Juli 2022, Salah Satunya Rumah Mantan Kades   |   06:00 . Kebakaran 3 Rumah Warga Tuban Salah Satunya Joglo, Kerugian Hampir Rp2 Milyar   |   23:00 . Atlet Tuban, Pelatih dan Cabor Porprov Jatim Diguyur Bonus Rp5-20 Juta   |  
Tue, 05 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Berawal dari Hobi, Raup Untung Puluhan Juta

bloktuban.com | Monday, 02 January 2017 13:00

Berawal dari Hobi, Raup Untung Puluhan Juta

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Berangkat dari hobi suka memancing, kini menjadi penopang hidup, bahkan perkembangan bisnisnya terus meningkat. Dialah Abi Suyanto (43) warga Desa Paseyan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban.

Abi panggilan akrabnya, sejak lima bulan silam, ia mulai menekuni bisnis penjualan alat pancing. Untuk mendapatkan barang dagangannya, dirinya harus membeli di pusat perbelanjaan alat pancing di kota besar Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Untuk bisa mendapat harga miring, sengaja mengambik di Surabaya dan Blora," kata Abi, saat ditemui di kiosnya.

Dengan bermodal sepetak kios, Abi menjajakan alat pancing di pinggir jalan. Tak tanggung-tanggung, pelanggannya pun begitu beragam, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan bapak-bapak.

Memasuki masa libur panjang, kata Abi, jadi momen yang menguntungkan di dunia bisnis penjualan alat memancing tersebut. Pantas saja dia berani mengorbankan pekerjaan lain demi menggeluti bisnis tersebut.

"Omset penjualan alat pancing perhari bisa mencapai Rp80-300 ribu di hari biasa," beber Abi.

Menurut pengakuan Abi, permintaan alat pancing meningkat ketika memasuki musim liburan. Pembelinya tidak hanya masyarakat lokal, luar daerah pun yang hobi memancing banyak menyambangi kiosnya.

"Permintaan alat pancing meningkat ketika liburan, omset perharinya saja bisa mencapai Rp600 ribu," imbuhnya.

Abi menuturkan, sejak awal merintis ia hanya memiliki modal Rp10 juta yang digunakan untuk membeli alat pancing. Dengan dukungan keluarga dan juga teman sesama hobi pancing ia bertekat membuka usaha.

Sebelum terjun di dunia bisnis penjualan alat pancing, Abi merupakan seorang petani tebu. Kemudian melihat peluang bisnis tersebut cukup bagus, akhirnya diputuskan menekuninya hingga sampai saat ini.

"Saya hobi mancing mulai SD, keluarga juga banyak yang hobi mancing ditambah pengalaman dari sesama teman komunitas, akhirnya pilih bisnis tersebut," Abi menandaskan.

Dia memaparkan, untuk melancarkan bisnisnya, ia memanfaatkan komunitas pancing. Dengan penawaran dari mulut ke mulut puluhan juta rupiah pun ia dapatkan. Saat ini, menurut pemaparan Abi, di akhir tahun 2016 total dagangan dari pengembangan mencapai Rp50 juta.

"Kebetulan teman komunitas cukup banyak, sehingga bisa membantu meningkatkan penjualan," terangnya.

Masih kata Abi, semakin banyaknya persaingan bisnis tentu dirinya harus memutar otak untuk tetap mempertahankan bisnis tetap jalan. Ia juga berencana kedepan akan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk penjualan alat pancing. "Kedepan akan kita coba merambah ke penjualan online," pungkasnya. [rof/rom]

Tag : usaha mancing



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat