LCD Punya Langkah dan Tujuan Komunitas Jelas

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sudah menjadi rutinitas bagi anggota komunitas Laskar Cinta Damai (LCD) mengadakan agenda peduli kemanusiaan dan lingkungan. Bahkan sudah menjadi sunnah organisasi jika komunitas LCD harus menyatu dengan alam dan masyarakat.

Ada yang menjadi pembeda antara LCD dengan komunitas pemuda lainnya. Yaitu selalu mengadakan kegiatan bakti sosial membantu masyarakat yang sedang mengalami duka kematian. Jika pada umumnya orang takziah di desa mendapat selawat (uang), justru LCD dengan beberapa anggota komunitas mencarikan dana sosial di tetangga korban meninggal.

[Baca juga:  Ciptakan Perdamaian Pemuda Tuban Selatan Dirikan LCD ]

"Kita ciptakan kegiatan penggalangan dana kematian, untuk meringankan beban yang terkena musibah terutama bagi keluarga yang tidak mampu," terang Sun'an, penggagas LCD kepada blokTuban.com.

Tak hanya itu, LCD juga merupakan komunitas yang sangat peduli dengan kelestarian lingkungan hidup. Menurut Sun'an, salah satu usaha untuk menjaga lingkungan tetap asri adalah dengan mengajak anggota LCD untuk membersihkan lingkungan ketika memasuki musim penghujan. Selain itu juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah rumah tangga di sembarang tempat.

"Bukan hanya lingkungan rumah, kita juga sering melakukan bersih makam," ucap Sun'an sambil tertawa lebar.

Sejak tahun 2009 LCD juga mulai melakukan kegiatan keagamaan dan bidang olahraga untuk menjalin persaudaraan. Tujuannya yaitu menjadi komunitas pemuda terdepan yang berazaskan kekeluargaan dan kebersamaan.

Saat ini, LCD telah memiliki anggota tak kurang dari 500 orang dari berbagai kalangan profesi dan tersebar di Tuban bagian selatan. Uniknya, komunitas LCD juga bergerak di bidang keamanan, seperti mengawal para tokoh dan kiyai saat hadir pada acara Peringatan Hari besar Nasional (PHBN) dan peringatan hari besar keagamaan.

“Kita sering mengisi kegiatan PHBN, bahkan kita juga pernah ikut mengawal Habib Syech ketika hadir di Bangilan," sambung Dwi Djulistiyono, anggota LCD asal Bangilan itu.

Selain memiliki visi perdamaian dan kepedulian sosial terhadap sesama dan lingkungan, LCD juga memiliki visi meningkatkan pengetahuan anggota dan turut memajukan perokonomian masyarakat Tuban, khususnya pemuda.

Maka, sangat diharapkan uluran tangan pemerintah, khususnya di bidang pemberdayaan untuk membantu menambah meningkatkan sumber daya manusia anggota. Menurut Dwi, panggilan akrabnya, ketrampilan kerja anggota LCD masih perlu peningkatan. Implementasinya, agar mereka semakin mandiri dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

"Kami berharap pemerintah daerah maupun desa ada perhatian untuk LCD, agar bisa mengurangi angka pengangguran pemuda di desa," Dwi menandaskan.[rof/ito]