Disdikpora: Penyelenggaraan Porkab Perlu Dievaluasi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pelaksanaan Porkab IV Tuban yang telah merenggut nyawa atlet bulu tangkis mendapatkan sorotan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat.

Diketahui, atlet bulu tangkis bernama Iqbal Novian (18) tewas setelah usai bertanding. Siswa asal SMA Jatirogo itu meninggal akibat tersetrum aliran listrik yang berada dilokasi GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban.

[Baca juga:  Ilham Dwi: Pasangan Bulu Tangkis Iqbal Novian yang Tak Henti Menangis ]

Kepala Disdikpora Kabupaten Tuban, Sutrisno mengatakan, bahwa pelaksanaan Porkab Perlu dilakukan evaluasi. Mengapa hal ini bisa terjadi di arena bertanding hingga menyebabkan nyawa atlet meninggal, itu yang perlu dievaluasi kedepan.

"Nanti akan kita evaluasi bersama penyelenggara dalam hal ini KONI Tuban," ujar Sutrisno kepada blokTuban.com (Sabtu, 29/10/16)

Mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Tuban menjelaskan, semua pihak tentu tidak menginginkan hal ini terjadi, terlebih atlet itu merupakan aset emas bagi daerah dibidang olahraga. Namun diluar itu semua tentu penyelenggara dan juga pelaksana tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi.

"Jadi tidak ada yang menginginkan ada nyawa yang hilang dalam Porkab ini," terangnya.

Pria yang menjabat Dewan Kehormatan di KONI Tuban itu menyatakan, dirinya akan segera melakukan kordinasi bersama KONI untuk mencari titik terang dalam menyelesaikan masalah ini, agar kedepan tidak terulang kejadian yang sama.

"Akan kita rapatkan dulu dengan KONI, apa yang akan dilakukan bagi atlet yang meninggal tersebut dan bagaimana pelaksanaan ke depannya," pungkasnya.[nok/ito]