Pembangunan Jembatan Grabagan Telan Rp1,5 Miliar

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Warga Dusun Buntasan, Desa Grabagan, Kecamatan Grabagan menggelar tasyakuran yang sangat meriah, tasyakuran tersebut digelar dalam rangka peresmian Jembatan Baru yang dibangun/rekontruksi oleh Pemerintah Kabupaten (PemkaB-) Tuban Melalui Instansi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban.

Pembangunan jembatan baru yang menghubungkan antara Desa Banyubang dan Dusun Buntasan, Desa Grabagan tersebut menghabiskan dana senilai hampir Rp1,5 miliar yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2016.

"Warga Dusun Buntasan tidak menduga-duga akan dibangunkan jembatan yang sebagus itu, dengan begitu senangnya masyarakat menggelar tasyakuran yang dihadiri oleh Joko Ludiono selaku Plt Kepala BPBD Kabupaten Tuban dan Muspika Kecamatan Grabagan," kata Camat Grabagan Suwito saat di kantor dinasnya, Kamis (27/10/2016).

Jembatan yang dibangun hampir empat bulan itu mempunyai panjang kurang lebih 30 meter dan lebar sekitar lima meter dan telah rampung pengerjaanya pada 24 Oktober 2016.

Camat Grabagan itu menambahkan, sebelumnya warga setempat pernah melakukan pengurukan jalan tersebut dengan swadaya, namun setiap kali ada hujan deras jalan tersebut ikut terbawa air. Akibatnya, kendaraan roda empat dan roda dua harus berbalik arah sejauh tiga kilometer untuk menuju ke desa sebelah karena tidak bisa melintas. Sehingga saat panen para petani harus memikul hasil panennya.

"Jembatan itu dibangun untuk memudahkan masyarakat menuju desa sebelah serta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat tani,"tambah Suwito.

Dalam hal ini, tasyakuran tersebut merupakan tanda terima kasih kepada pemkab tuban yang telah merealisasikan jembatan penghubung antar desa sekaligus jembatan yang memudahkan akses para petani. [hud/col]