BMKG Malang, Cek Alat Penakar Curah Hujan Otomatis

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso, Malang melakukan pengecekan rutin (maintenance) Alat Penakar Curah Hujan Otomatis (Automatic Rain Gouge) yang berada di Kantor Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Dalam perawatan rutin tersebut, petugas BMKG menemukan kerusakan di salah satu komponen alat yakni data logger yang tidak berfungsi, sehingga petugas tersebut menggantinya dengan alat yang baru.

"Setiap satu tahun kami selalu melakukan perawatan rutin, mungkin bagian yang rusak ini sudah terlalu lama, sehingga saya ganti yang baru," ujar Taufiq kepada blokTuban.com, saat melakukan perawatan rutin, Rabu (26/10/2016).

Ia menambahkan, di Kabupaten Tuban hanya ada satu alat penakar curah hujan yakni di Kecamatan Grabagan, dan alat untuk mengukur cuaca berada di Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak.

Alat-alat tersebut bertujuan untuk mendeteksi intensitas curah hujan di Kabupaten Tuban dan untuk mengetahui iklim serta bulan-bulan apa saja tingginya curah hujan di Kabupaten Tuban.

"Alat ini untuk mengetahui curah hujan di Kawasan Kabupaten Tuban, sehingga pengecekan dilakukan rutin," tambahnya Taufiq. [hud/mu]