Bupati: Hari Pahlawan Ada Lantaran Santri

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Momentum peringatan Hari Santri Nasional yang kedua kalinya menyita respon masyarakat yang menamakan dirinya santri. Bahkan Bupati Tuban, Fathul Huda mengaku,  peringatan hari pahlawan tidak terlepas adanya santri di masa lalu.

"Peringatan Hari Santri Nasional merupakan bentuk kepedulian terhadap jasa sesepuh dan bisa mengambil pelajaran penting," kata Huda dalam Apel Hari Santri di Lapangan Kecamatan Rengel, Sabtu (22/10/2016).

Beberapa pelajaran penting yang dapat diambil di masa saat ini, lanjut Huda, yakni peringatan Hari Pahlawan tidak ada manakala tidak ada Nahdlatul Ulama (NU). Juga demikian, NU ada lantaran eksistensi santri di masa lampau.

"Suatu ketika pecah perang besar dimenangi warga Indonesia dengan bantuan santri yang diwadahi NU," terang Huda menambahkan.

Keterbatasan peralatan canggih, atau alat perang kala itu, terbukti tidak mampu menyurutkan semangat juang warga Indonesia. Kemudian, kemenangan bisa diperoleh dengan persatuan jihad membela tanah air. [dwi/rom]