Peternakan Mulai Siapkan Kambing untuk Qurban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hari Raya Idul Adha memang masih beberapa bulan lagi, namun bagi para peternak, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan hewan ternaknya guna dijual saat hari raya idul adha yang akan datang.

Hal itu dapat ditemui di sejumlah peternakan yang berada di kawasan Kabupaten Tuban, mulai dari peternakan kambing hingga peternakan sapi, mereka telah mempersiapkan hewan ternaknya untuk dijual saat hari raya qurban.

Seperti halnya salah satu peternakan Kambing PE dan Jawa yang berada di Desa Wolutengah, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, peternakan tersebut saat ini telah mempersiapkan kurang lebih 13 ekor kambing yang telah memenuhi syarat untuk dipakai qurban.

"Saat Hari Raya Idul Adha memang banyak permintaan kambing untuk dijadikan qurban, sehingga mulai sekarang ini saya telah mempersiapkan beberapa kambing yang unggul," kata pemilik peternakan tersebut, Ashari (40).

Peternakan yang berada di Desa Wolutengah telah beberapa tahun melayani permintaan kambing saat hari raya qurban, sehingga ada juga pelanggan yang telah memesan dari sekarang.

Permintaan atau pemesan pada tahun lalu telah mencapai beberapa kota diluar Kabupaten Tuban, misalnya dari Kabupaten Gresik, Bojonegoro, Lamongan. " Untuk harga kambing sendiri pada tahun yang lalu paling rendah adalah Rp1.750.000, namun belum tahu untuk harga saat hari raya qurban nanti," pungkasnya. [hud/rom]