Waspada Pasar Tumpah Tambakboyo

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pasar tumpah di Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, patut diwaspadai selama arus mudik lebaran. Pasar ini berada tepat di pinggir jalan Pantura. Kerap transaksi jual beli dan warga meluber sampai di pinggir jalan, berpotensi menjadi pemicu kemacetan di jalur nasional.

Informasi yang diterima blokTuban.com, Selasa (29/6/2016), aktivitas warga di pasar mulai pukul 10.00. Tetapi puncaknya antara pukul 12.00 sampai pukul 14.00. Aktivitas pedagang, bercampur dengan kedatangan nelayan dari melaut yang akan menjual ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Pasar tumpah semakin semrawut, lantaran minimnya fasilitas lahan parkir di pasar di TPI desa Glondonggede. Sehingga, banyak kendaraan yang memarkir di pinggir jalan Pantura, juga melakukan aktivitas bongkar muat di sana.

"Setiap hari kejadian ya memang selalu ramai seperti ini," kata Irham, salah satu pedagang.

Kasatlantas Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Dhyno Indra Setyadi, menerangkan bahwa akan ada petugas selama 24 jam di pasar. "Petugas akan mencairkan kepadatan lalu lintas ditempat itu," kata Dhyno.

Dhyno menyebut, kalau Tuban adalah jalur lelah. Baik dari pemudik yang berasal dari wilayah Surabaya ataupun wilayah Semarang. Untuk itu, dia menghimbau kepada pemudik untuk beristirahat apabila sampai di Tuban, dengan memanfaatkan pos-pos mudik yang disediakan di sepanjang Jalur Pantura. [pur/fah]