Setiap Hari Desa Ngarum Panen Cabai Hingga 15 Ton

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setiap hari, warga Desa Ngarum, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, yang mayoritas adalah petani cabai, saat ini bisa memperoleh hasil panen mencapai 15 ton, Kamis (12/5/2016).

Hal itu dikarenakan, luasan tanaman cabai warga Desa Ngarum mencapai kurang lebih 200 hektar, dan sejak bulan April pertengahan lalu telah mulai melakukan panen.

Untuk sekali panen, para petani langsung menjualnya ke tengkulak, sehingga saat musim panen cabai seperti ini para petani tidak harus menjualnya ke tempat yang jauh.

Kepala Dusun (Kasun) Krajan, Desa Ngarum, Khoiri mengatakan, sebelumnya penanaman cabai ini dilakukan dengan cara tumpang sari, dan saat ini telah masuk musim panen. Menurutnya, hampir seluruh petani yang menanam cabai saat ini tengah melakukan panen.

"Kali ini hampir semua warga melakukan panen cabai, sehingga perolehan perhari sangat melimpah," ujar Kasun Krajan tersebut, kepada blokTuban.com.

Saat ini, Kata Khoiri, rata-rata para petani cabai telah melakukan panen yang kedua, sehingga belum bisa dikatakan panenan saat ini merupakan puncak.

Namun itu semua tergantung pada musim, masih kata Kasun, apabila musim penghujan masih panjang, tanaman cabai milik para petani ini bisa panen hingga tujuh sampai enam kali. Dan apabila sudah keburu musim kemarau, kemungkinan besar hanya lima sampai empat kali panen.

"Kalau puncak panen bisa mencapai hingga 20 ton, tetapi itu juga ditunjang dengan musim atau cuaca yang baik," tambah Khoiri. [hud/rom]