Harga Bawang Merah di Pasar Tradisional Meroket

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa bulan terakhir ini, harga komoditas bawang merah di Pasar Tradisional Rengel mengalami kenaikan.

Sebelumnya, saat petani di kawasan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro panen harga bawang merah masih mencapai Rp20.000-Rp25.000 perkilogram. Sekarang, harga bawang merah di Pasar Rengel mencapai Rp35.000 dan di tingkat pengecer mencapai Rp40.000 perkilogram.

Kenaikan yang terjadi ini kemungkinan besar, selain musim panen di Kedungadem telah usai juga dikarenakan menjelang bulan puasa sehigga harganya naik.

Salah satu pedagang di Pasar Rengel, Sumiati (35) mengaku, kenaikan ini sudah terjadi sejak sekitar tiga bulan yang lalu, namun dengan harga yang tinggi tersebut permintaan para konsumen tidak ada penurunan.

"Harga bawang merah saat ini memang tinggi, dibandingkan dengan kebutuhan dapur yang lain," ujar penjual komoditas sayuran di Pasar Rengel tersebut, Selasa (10/5/2016).

Penjual lain Agus juga mengatakan, tingginya harga bawang merah ini mungkin panenan dari petani sudah menurun, sehingga stoknya berkurang,

"Tidak ada pengaruh terhadap para konsumen, hanya sekarang para konsumen belinya ya cuma sedikit-sedikit," pungkas Agus.[hud/lis]