Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Upaya Pemerintah Kabupaten Tuban dalam menyukseskan program swasembada daging, terutama daging sapi menunjukkan gairah positif. Akan tetapi, dari pihak perbankan justru kurang berperan membantu peternak dalam urusan kredit usaha.

Bupati Tuban, Fatkhul Huda mengungkapkan kekecewaannya tersebut lantaran pertumbuhan populasi sapi di Tuban yang meningkat namun tidak dibarengi ketersediaan modal pembiayaan.

Disebutkan populasi sapi di Tuban saat ini mencapai kurang lebih 324.000. Dibanding tahun 2014, data Litbang blokTuban.com mencatat 23.992  populasi sapi di seluruh kecamatan di Tuban. Tak pelak selisih pertumbuhan populasi cukup signifikan tersebut menjadikan Tuban menempati nomor urut dua di Jawa Timur urusan swasembada daging.

"Saya kecewa kerjasama dengan Bang Indonesia (BI) atau melalui perbankan belum ada manfaat. Bantuan kredit masih minim," kata Bupati dua periode tersebut, Rabu (11/5/2016).

Padahal, lanjut Huda, sudah direncanakan untuk mengurangi populsi sapi dapat menyiasati pada sistem potong. Sapi boleh dipotong minimal dengan berat 500 kilogram. "Kalau sebelum 500 kilogram sudah dipotong, butuh pembiayaan-pembiayaan ekstra," tambahnya. [dwi/col]