UMKM, Ekonomi Kerakyatan Ala Jawa Timur

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah memprioritaskan anggaran untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada tahun 2015. Bahkan, prioritas anggaran tersebut telah diberikan label oleh Pemrov Jatim dengan istilah Jatimnomic.

Usaha Pemprov itu dilakukan karena melihat banyaknya persaingan yang harus dihadapi oleh para pelaku usaha kecil atau mikro di Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo usai menghadiri BBGRM XIII dan HKG PKK ke 44 yang dilaksanakan di Pendopo Kridho Manunggal Kabupaten Tuban pada Rabu (11/5/16) mengatakan, bahwa Jatimnomic adalah inovasi yang dilakukan oleh Pemprov Jatim untuk lebih memprioritaskan para pelaku usaha kecil dan menengah yang dalam usahanya selalu terkendala oleh modal.

"UMKM adalah konsep ekonomi kerakyatan Provinsi Jawa Timur yang akan menguntungkan para pelaku usaha mikro hingga menengah," terang Gubernur yang akrab disapa Pak Dhe Karwo itu kepada blokTuban.com

Selanjutnya, Gubernur yang terpilih dua periode itu menjelaskan, bahwa hingga saat ini pelaku UMKM terus meningkat. Jika dipersentasekan adalah sebanyak 54,98 persen terhadap jumlah dana yang sudah dianggarkan oleh Pemprov Jatim yaitu 1.689 triliun.

"Saat ini yang sudah terserap sekitar 902 triliun, ini adalah bentuk konsep Pemprov Jatim dalam mendukung ekonomi kerakyatan," pungkas Pak Dhe. [nok/col]