Dua Kecamatan Rawan Abrasi, Sasaran Sabuk Pantai

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Rencana pemasangan sabuk pantai bakal direalisasikan tahun ini. Kendati demikian, terdapat lima Kecamatan di Tuban yang berbatasan dengan pantai utara ini hanya dua di antaranya yang menjadi prioritas pemasangan sabuk pantai.

Diketahui lima kecamatan di antaranya, Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo dan Bancar. Namun, untuk tahun ini Kecamatan Tambakboyo dan Bancar bakal terlebih dahulu dilakukan pemasangan sabuk pantai yang terbuat dari dinding karung getekstil berisikan pasir.

Dari 18 desa di Kecamatan Tambakboyo, sabuk pantai dipasang di salah satu desa tersebut, yakni Desa Gadon. Panjang sabuk pantai diperkirakan mencapai 700 meter. Sedangkan dari Kecamatan Bancar, Desa Bulumeduro menjadi titik prioritas dibanding 23 desa lainnya di kecamatan tersebut. Panjang sabuk sekitar 800 meter.

"Total panjang sabuk pantai sekitar 1.500 meter dari dua lokasi dengan jarak sekitar 100 meter dari daratan," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK), Sunarto kepada blokTuban.com.

Adanya prioritas sabuk pantai, lanjut Sunarto sebab terdapat titik dimana wilayahnya rawan terkena abrasi. Dengan demikian, pemasangan sabuk pantai dapat memecah gelombang. Kendati demikian, Sunarto mengaku terdapat beberapa kendala apa bila sabuk pantai dipasang nantinya.

Kendala bisa datang dari nelayan pemilik perahu. Sebab pinggiran pantai yang dijadikan pangkalan parkir perahu bakal terhalang dengan keberadaan sabuk pantai tersebut.[dwi/ito]