Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pembebesan lahan untuk keperluan operasi dan tambang PT Abadi Cement di Desa Sugihan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, belum selesai sampai sekarang. Proyeksi pelatihan ketrampilan untuk puluhan pemuda desa setempat ternyata juga ikut tertunda.

Diketahui, PT Abadi Cement membuat perjanjian kerjasama dengan Pemdes Sugihan, apabila pembangunan jalan confeyor selesai tahun ini maka akan diadakan pelatihan untuk semua pemuda desa usia produktif. Pelatihan akan dibuat perusahaan dengan mengggandeng Balai Latihan Kerja Industri (BLKI).

"Sekitar 80 orang pemuda usia produktif, mereka sudah siap mengikuti pelatihan ketrampilan. Tetapi sampai sekarang masih menunggu jadwal," kata Kepala Desa (Kades) Sugihan, Warsito, Kamis (5/5/2016).

Zito, sapaan akrab Kades ini, mengatakan kalau pembebasan lahan yang dilakukan perusahaan belum selesai. Sehingga, hal itu membuat perusahaan menunda dahulu rencana pemberian pelatihan buat para pemuda desa. "Meski begitu, Pemdes hanya menjembatani saja proses pembebasan lahan. Biar terjadi antara perusahaan dengan pemilik lahan secara langsung," kata Zito.

Informasi sebelumnya yang diterima blokTuban.com, perusahaan ini membutuhkan lahan seluas 98,8 hektar. Rinciannya seluas 72,87 hektar untuk bangunan dan 25,93 hektar untuk lahan terbuka hijau. Pabrik juga akan dilengkapi Cement Grinding Plant, Cement Packing Plant, Cement Silo, Jetty, dan sarana penunjang yang lain. [pur/ito]