Cegah Abrasi, Diprogramkan Pemasangan Sabuk Pantai

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Peristiwa pengikisan daratan akibat air laut atau abrasi kerap melanda sebagian besar wilayah pantai Tuban. Sebab itu, Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah mencanangkan program pencegahan abrasi dengan pembuatan sabuk pantai.

Tidak terkecuali, Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) yang merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melakukan hal serupa. Saat ditemui di kantor, Kepala DPK, Sunarto mengatakan pihaknya telah menyusun rencana sabuk pantai.

"Sabuk pantai merupakan salah satu upaya untuk pelindung pantai menggunakan karung geotekstil," kata Sunarto menunjukkan proposal pembuatan sabuk pantai kepada blokTuban.com.

Perlindungan pantai, lanjut Sunarto tidak bisa melulu mengandalkan struktur bangunan dari beton. Akan tetapi menggunakan karung geotekstil diisi pasir dengan posisi melintang sepanjang bibir pantai.

"Untuk memecah gelombang dan menambah daratan dengan adanya proses pengendapan pasir yang terbawa ombak melewati sabuk pantai atau reklamasi," kata Sunarto menabahkan.

Diketahui program tersebut berasal dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). "Apabila nanti mengalami kekurangan dana, diharapkan Pemerintah Provinsi turut membantu. Sebab diakui Pemkab tidak memiliki anggaran untuk hal tersebut," pungkas Sunarto.[dwi/col]