Tubuh Selalu Lelah? Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Reporter:-

blokTuban.com - Bekerja sepanjang hari tentu membuat tubuh menjadi lelah. Apalagi kalau ditambah dengan waktu tidur yang tidak cukup. Alhasil, badan pun akan terasa semakin lemas. Tapi tahukah Anda kalau lelah setiap saat merupakan tanda dari masalah kesehatan tertentu? Berikut ini lima masalah kesehatan, yang perlu diwaspadai ketika Anda selalu merasa lelah.

 

1. Anemia

Ketika mengunjungi dokter dan mengeluh karena lelah sepanjang hari, hal yang umumnya dilakukan dokter adalah memeriksa anemia. Anemia terjadi ketika darah kita tidak membawa cukup oksigen ke seluruh tubuh kita. Penyebab paling umum dari anemia adalah kekurangan zat besi. Sebenarnya anemia juga ditandai dengan pusing, iritasi, atau sakit kepala selain merasa lelah.

 

2. Masalah pada tiroid

Ketika merasa lelah, kulit terasa kering, dan sembelit mungkin hal itu disebabkan oleh hypothyroidism. Hypothyroidism terjadi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon penting. Kondisi ini lebih mungkin dialami oleh wanita.

 

3. Prediabetes atau diabetes

Jika kita memiliki gula darah yang tinggi, sirkulasi darah mungkin menjadi terganggu. Se-sel tidak lagi mendapatkan oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan.

Alhasil, tubuh pun terasa sangat lelah. Selain itu, gula darah yang tinggi juga bisa menyebabkan peradangan pada pembuluh darah. Nah, peradangan kronis ini juga dapat membuat kita merasa lelah.

 

4. Depresi

Jika kita merasa lelah sepanjang waktu, tidak mau bangun dari tempat tidur, atau susah tidur, mungkin kita menderita depresi.

Lelah sepanjang waktu merupakan tanda yang tersembunyi dari depresi. Menurut para ahli, depresi dan penyalahgunaan alkohol berkaitan erta dengan kelelahan.

 

5. Infeksi

Para dokter akan sering memeriksa infeksi kronis sebagai penyebab kelelahan. Seperti yang disebabkan oleh virus Epstein atau penyakit Lyme. Kedua hal ini dapat menyebabkan kelelahan ekstrim pada tubuh kita.


Sumber: http://health.kompas.com/read/2016/04/28/135500623/Tubuh.Selalu.Lelah.Bisa.Jadi.Tanda.5.Penyakit.Ini