Kadinkes Minta Dokter Tidak Melanggar Sumpah

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Saiful Hadi meminta semua dokter memberi pelayanan terbaik untuk pasien. Karena kalau sampai ada pasien yang sengaja diabaikan haknya oleh dokter, maka dokter tersebut telah melanggar sumpahnya.

Menurut Kepala Dinkes Tuban, Saiful Hadi, dokter sebelum berprofesi itu sudah melakukan sumpah bahwa akan menangani pasien dengan sepenuh dan setulus hati, tanpa memandang siapapun pasiennya. Namun, jika ada dokter yang mengabaikan pelayanan maka sungguh sangat disayangkan.

"Dokter itu harus memberikan pelayanan yang baik dengan pasien, juga harus ramah," ujar Alumnus FK Unair tersebut kepada blokTuban.com Jumat (29/4/2016)

Menurutnya, jika perilaku dokter seperti itu masih dipertahankan maka lama kelamaan akan merusak citra dokter itu sendiri. Oleh karenanya, semua dokter harus tetap memberikan pelayanan terbaiknya agar membuat pasien tetap merasa nyaman.

"Saya berharap untuk dokter yang ada di Puskesmas harus tetap melayani pasien sepenuh hati, karena wilayahnya masih tanggung jawab Dinkes, namun untuk dokter yang buka pribadi maka itu urusannya organisasi profesinya dalam hal ini adalah Ikatan Dokter Indonesia (IDI)," pungkasnya.[nok/fah]