Jumat, Nelayan Pilih Perbaiki Perlengkapan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hari jum'at (1/4/2016) merupakan hari dimana para kapal nelayan banyak yang bersandar di tepi laut, atau merupakan hari libur bagi kebanyakan para nelayan yang berada di Desa Glondong Gede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban.

Hal itu dimanfaatkan para nelayan dengan beberapa kegiatan seperti halnya memperbaiki jala payang atau jaring, dan juga memperbaiki kapal yang mengalami kerusakan.

Salah satu nelayan, Gangsar (50) mengatakan, kebanyakan nelayan yang berada di Desa Glondong Gede memilih hari libur pada hari Jumat, hal itu sudah dilakukan sejak dulu, tetapi ada juga nelayan yang tetap melaut.

"Hal ini dikarenakan untuk hari Jumat waktu yang digunakan untuk melaut terlalu singkat, selain itu juga sudah sejak dulu dipakai oleh nelayan untuk libur melaut," ujarnya kepada blokTuban.com.

Dari pantauan blokTuban.com, meski nelayan banyak yang menyandarkan kapalnya di pantai, aktivitas mereka tetap padat, kesibukan para nelayan ini untuk mempersiapkan hari esok melaut.

"Bukan hari Jumat saja perbaikan perlengkapan ini dilakukan, namun setiap kali ada kerusakan saya langsung melakukan perbaikan, namun untuk hari libur seperti ini, waktu yang dipergunakan untuk memperbaiki peralatan bisa sampai sore hari," kata nelayan lain, Abdul (40). [hud/mu]