Klaim Satu-satunya Kantongi Akreditasi Madya

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Soko, yang berada di Desa Sokosari, Kecamatan Soko merupakan puskesmas yang mampu melakukan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED). Selain itu, Puskesmas Soko mengklaim satu-saunya Puskesmas di Tuban yang Terakreditasi Madya.

Kepala Puskesmas Soko, Mushollin, saat ditemui blokTuban.com nampak berbinar saat mengkisahkan prestasi puskesmas yang ia pimpin. Pasalnya, akreditasi madya merupakan penghargaan yang membuktikan kemampuan dari suatu pusat pelayanan.

Tepatnya pada 31 Desember 2015, menjadi tanggal bersejarah bagi perjalanan Puskesmas Soko. Pasalnya Puskesmas Soko dinyatakan lulus akreditasi madya.  

"Merupakan kado istimewa penutup tahun 2015," kata Mushollin kepada blokTuban.com.

Seperti diketahui, akreditasi Puskesmas merupakan proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi dan Perwakilan di Provinsi terhadap suatu pusat kesehatan masyarakat. Yakni untuk menilai apakah sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Di Kecamatan Soko terdapat dua Puskesmas, yakni di pusat kecamatan adalah Puskesmas Soko yang membawahi 13 desa, dan Puskesmas Prambon yang membawahi 10 desa. [dwi/rom]