Petani Montong Bakar Limbah Panen

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ratusan hektare sawah yang telah dipanen di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban tampak diselimuti kabut, Kamis (17/3/2016).

Para petani yang akan melakukan tanam kembali setelah panen, harus membersihkan sawahnya terlebih dulu dari limbah-limbah yang dihasilkan saat panen kemarin seperti halnya jerami.

Untuk membersihkan limbah panen, para petani memilihnya untuk dibakar. Pembakaran bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa panen, selain itu abu bekas pembakaran juga bisa mendukung kesuburan tanaman.

Salah satu petani Warsito (50) mengatakan, pasca panen, para petani harus membersihkan lahannya dulu apabila akan melakukan penanaman lagi. Contohnya seperti mengumpulkan limbah panen untuk dibakar.

"Maksud pembakaran itu bukan hanya membersihkan lahan saja, namun abunya juga mampu mendukung tanaman yang akan datang,"ujar Warsito kepada blokTuban.com.

Berhubung limbah-limbah tersebut basah, saat proses pembakaran bisa menimbulkan asap. Petani lain Tain (39) karena panenya bersamaan, pembakaran limbah panen dengan tidak sengaja banyak yang bersamaan, hal ini dikarenakan para petani akan segera melakukan penanaman.

"Apabila limbah panen tidak dibersihkan, sawah tidak bisa dibajak traktor," ungkapnya.[hud/col]