Dorong Ponpes Kuasai Standart Pelaksanaa UN

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam rangka menyongsong pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Pondok Pesantren (Ponpes), Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban mendorong sejumlah ponpes di lingkungan Kemenag Kabupaten Tuban agar mengerti standart pelaksanaan UN.

Upaya memberikan pemahaman dan wawasan terkait standart pelaksanaa UN untuk ponpes, diselenggarakan kegiatan pembinaan kepada 40 pengurus atau pengelola ponpes penyelenggara pendidikan kesetaraan dan program paket B dan C kegiatan, Selasa (15/3/2016). Kegiatan yang mengusung tema pembinaan peningkatan kualitas penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan dan  wajib belajar pendidikan dasar (Wajar Dikdas) pada ponpes berlangsung di aula Kemenag Tuban.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan pengelola lemabaga ponpes penyelenggara wajar dikdas dan pendidikan kesetaraan mengetahui standart operasional prosedur pelaksana Ujian Nasional," kata Pengelola Data Kemenag Tuban, Moch Ali Baharudin.

Dilihat dari sisi lain, penyelenggaraan program wajar dikdas dan pendidikan kesetaraan oleh pondok pesantren di lingkungan Kemenag Tuban tidak dapat berjalan sendiri. Menurut Ali, karena domain kegiatan ini ada pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud).

"Kemenag hanya melakukan koordinasi dan memfasilitasi pelaksanaan UN di ponpes penyelenggara wajardikdas dan kesetaraan," kata Ali menambahkan.

program pendidikan kesetaraan yang digalakan di Pondok Pesantren seperti halbya program kejar paket seperti sekolah umumnya. Yakni  sebagai wujud kepedulian Kementerian Agama terhadap masyarakat yang putus sekolah. [dwi/]