Kabar Vaksin Polio Mengandung Babi Tidak Benar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Beredarnya kabar bahwa dalam vaksin polio mengandung unsur hewani dari babi mengundang keresahan bagi masyarakat yang mempunyai anak Balita, namun hal tersebut dibantah langsung oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Saiful Hadi mengatakan, bahwa memang benar ada kabar vaksin polio mengandung unsur babi, tapi kabar tersebut juga perlu diuji kebenarannya.

"Yang ada hubungannya dengan bahan babi adalah vaksin suntik, bukan vaksin polio, jadi kabar tersebut tidak benar," katanya kepada blokTuban.com

Lebih lanjut, Saiful sapaan akrabnya menjelaskan, vaksin polio aman untuk Balita. Jadi, para orang tua tidak usai khawatir karena kabar tersebut tidak benar.

"Para orang tua harus membawa anak-anaknya untuk ikut imunisasi polio, agar kedepannya tidak terkena penyakit lumpuh akut," terang pria lulusan FK Unair tersebut.

Masih kata Saiful, setiap orang tua harus lebih berhati-hati dalam menerima kabar dan jangan mudah percaya atas informasi yang baru diterima.

"Sekali lagi saya tegaskan, untuk vaksin polio ini aman tidak ada campuran dari bahan babi," pungkasnya.[nok/col]