Pengentasan Buta Aksara, Program Rutin Tahunan Disdikpora

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pengentasan buta aksara, merupakan program rutin tahunan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban. Tujuannya, membuat masyarakat menjadi melek aksara (bisa baca), dalam hal ini pelaksanaannya dilakukan melalui Bidang Pordikmas dan Jarahnitra.

Kabid Pordikmas dan Jarahnitra, Tony Sudiyantono mengatakan, dalam mensukseskan program buta aksara ini, banyak yang harus dilakukan oleh sejumlah pihak, memang terkait masalah pendidikan itu adalah merupakan tupoksi dari Dinas Pendidikan, meskipun dalam hal ini merupakan kategori Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI).

"Kita sudah melakukan program-programnya, melalui kegiatan Keaksaraan Fungsional (KF) yang baru saja dilaksanakan kemarin selama tiga hari, dari tanggal 1 sampai 3 Maret," katanya kepada blokTuban.com

Tony sapaan akrabnya menyatakan, dalam pelaksanaan keaksaraan fungsional yang menjadi peserta adalah tutor dari tiap-tiap kecamatan Se-Kabupaten Tuban. Diharapkan, nantinya usai mendapat pembekalan tersebut, tutor bisa mensukseskan program pengentasan buta aksara di masing-masing kecamatan.

"Ada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di masing-masing kecamatan, hal itu adalah untuk memberikan pembelajaran bagi masyarakat yang masih buta huruf," jelasnya.[nok/ito]