Tuban Produksi 170 Kubik Sampah Tiap Hari

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Memiliki luas area 1.905 kilometer persegi (Km²), Kabupaten Tuban tercatat memproduksi sampah sebanyak 170 kubik setiap hari. Sampah yang ada berasal dari organik atau dapat diurai dan sampah anorganik atau sulit diurai.

Data yang dihimpun blokTuban.com menunjukkan, 170 kubik sampah berasal dari beberapa kecamatan dari total keseluruhan 20 kecamatan di Tuban. Artinya, 170 kubik sampah belum mewakili seluruh wilayah Kabupaten Tuban.

"Kami mencatat sampah yang diproduksi di Kecamatan Tuban Kota saja, seperti Kecamatan Tuban Kota, Semanding, Palang dan Jenu, setiap hari memproduksi hampir 170 kubik sampah," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Choliq Cunnasich kepada blokTuban.com, Senin (22/2/2016).

Menurut Choliq, sapaan akrab Kepala Dinas Pekerjaan Umum, produksi sampah setiap hari bercampur, baik sampah domestik atau sampah sisa limbah rumah tangga. Selain itu, sampah dari bahan plastik atau sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non-hayati tidak kalah banyak jumlahnya.

"Terutama sampah plastik, seperti kita ketahui sampah jenis ini sulit terurai. Maka dari itu, kesadaran masyarakat dibutuhkan supaya jangan membuang sampah baik itu organik dan terutama anorganik di sembarang tempat," kata Choliq menambahkan.

Sampah diperkotaan sering kita jumpai di berbagai tempat. Terutama di saluran air, sungai, tempat umum dan pantai. Berbagai masalah kerap timbul lantaran buang sampah sembarangan. "Dari bajir di tengah kota, bau sampah busuk menyengat hidung dan merusak ekosistem laut," tutup Choliq, kepada bT sapaan akrab blokTuban.com.

Sekadar informasi, dikutip dari tempto.co Jum'at, 06 November 2015. Bahwa Indonesia peringkat ke dua penyumbang sampah terbanyak setelah Negara China. Cina ada di peringkat pertama dalam daftar itu. Pada 2010, Cina menghasilkan 8,8 juta ton atau sekitar 27 persen dari produksi sampah plastik global. Diperkirakan 1,3-3,5 juta ton di antaranya hanyut ke laut. Indonesia menempati peringkat kedua dengan produksi sampah plastik mencapai 3,2 juta ton. Jumlah sampah plastik yang lolos ke laut mencapai 1,29 juta ton. Sekitar 83 persen sampah di Indonesia tidak dikelola dengan baik. [dwi/rom]

Berikut daftar Negara Penyumbang Sampah Terbanyak
No  Negara             Jumlah (ton)
01   Cina                    8,8 juta
02   Indonesia             3,2 juta
03   Filipina                 1,9 juta
04   Vietnam               1,8 juta
05   Sri Lanka             1,6 juta
06   Thailand                 1 juta
07   Mesir                     1 juta
08   Nigeria                0,9 juta
09   Malaysia              0,9 juta
10   Bangladesh          0,8 juta
20   Amerika Serikat   300 ribu

*Foto sampah berserakan di alun-alun Kota Tuban setelah perayaan tahun baru 2016 lalu.