Cegah Luberan, Warga Gotong Royong Perbaiki Tanggul

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Puluhan warga Dusun Bandungrowo, Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang bahu membahu memperbaiki tanggul sungai avur, yang melintang di area persawahan milik warga setempat, Kamis (11/2/2016).

Warga setempat, Tohirin mengatakan, selama bulan Februari ini, merupakan kali kedua warga memperbaiki tanggul. Perbaikan tanggul dilakukan tiap kali kondisi air masuk lampu kuning, atau perlu kewaspadaan.

"Perbaikan tanggul dilakukan dengan memasukkan tanah liat ke dalam karung sak. Karung sak didapat dari bantuan desa," ungkap Tohirin yang kerap dipanggil modin ini.

Tanah liat yang digunakan untuk mengisi karung diperoleh dari pematang atau galengan sawah miliki warga. Setelah dimasukkan ke dalam karung, kemudian diikat dan diletakkan pada tanggul sungai yang berbatasan langsung dengan sawah warga.

Sejauh ini lebih dari 700 karung digunakan untuk membangun tanggul. Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, ketinggian debit air sungai sepadan dengan tinggi tanggul. Pada bagian tanggul masih ada beberapa titik rembesan air.

"Tanggul sungai avur utara Bandungrowo saat musim penghujan kerap meluber di area persawahan warga. Sehingga warga mengantisipasi jika suatu saat tanggul jebol," terang kepala Desa Kedungsoko, Rahmad. [dwi/rom]