Kendaraan Tiap Tahun Tumbuh Hingga 10 Persen

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pertumbuhan kendaraan bermotor, baik roda dau ataupun roda empat di Kabupaten Tuban, terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Diperkirakan kenaikan sekitar 10 persen.

"Setiap tahun pertumbuhan kendaraan sekitar lima hingga sepuluh persen. Jadi lima tahun sudah lima puluh persen," kata Administrator Pelaksana (Adpel), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Samsat Tuban, Sudarsono.

Akan tetapi, lanjut Sudarsono, setiap tahunnya pertumbuhan bisa mengalami kenaikan juga penurunan. Ada yang membeli, ada juga yag menjual atau bahkan pindah atau mutasi tempat kerja.

"Dapat dikatakan setiap harinya 60 unit kendaraan bertambah di Kabupaten Tuban," ujar Sudarsono

Seperti diberitakan sebelumnya, jumlah kendaraan bermotor di Tuban hingga saat ini, mencapai sekitar 300.000 unit. Jenis kendaraan lebih didominasi kendaraan roda dua.  "Saat ini banyak dealer motor yang menawarkan kemudahan untuk membeli motor dengan jalan kredit. Tak ayal pertumbuhan kendaraan semakin meningkat," tambah Sudarsono.

Dari 300.000 unit tersebut, kendaraan roda empat tidak sampai setengah dari total unit yang ada. Ratusan ribu unit kendaraan tersebut jenis roda dua. [dwi/rom]