Libur Panjang, Omset Ikan Asap Jutaan Rupiah

Reporter: Edy Purnomo


blokTuban.com - Omset pedagang ikan asap, atau ikan panggang, mencapai jutaan rupiah selama libur panjang Natal dan Tahun baru ini.

Informasi yang diterima blokTuban.com, pedagang bahkan bisa meraup omset sampai Rp3 juta perhari. Sampai sekarang, pedagang dadakan ini bisa dilihat di sepanjang Jalur Pantura, tepatnya di Jalan Re Martadinata dan sebagian Jalan Panglima Sudirman. Mereka menggunakan perlengkapan sederhana, seperti meja, payung, dan kursi untuk berjualan.

"Sehari sekitar 2 sampai 3 juta rupiah," kata salah satu pedagang, Yuli (33), di lokasi berjualan, Sabtu (2/1/2016).

Pedagang bisa meraup untung bersih minimal setengah dari omset yang didapat. Jumlah yang menurut mereka cukup besar dibandingkan hari-hari biasa.

"Kalau hari biasa omset kotor paling banyak ya 1 juta rupiah," terangnya.

Pedagang lain, menyebut kalau pembeli ikan asap lebih banyak dari luar kota. Sebab, tempat pesisir mereka, di Kelurahan Kingking dan Kelurahan Karangsari, Kecamatan/kabupaten Tuban, di lewati jalur Pantura yang menjadi lintasan pengendara yang akan atau dari tempat wisata.

"Ada yang dari Jakarta, Semarang, Cirebon, Rembang, atau dari kota lain yang melintas di Tuban ini," kata pedagang ikan asap, Darmuji (40), menjelaskan. [pur/rom]