Penghijauan untuk Selamatkan Sumber Mata Air

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setelah beberapa sumber mata air yang berada di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban semakin sedikit, terutama di Desa Maindu. Melihat hal itu Perhutani Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Kebonagung, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Perempuan Peduli Hutan (PDH) serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Peduli Lingkungan melakukan penanaman pohon buah, Sabtu (26/12/2015).

Penanaman dimulai pada pukul 08.00 Wib yang diikuti oleh Waka ADM Tuban, Barat Muchlisin, Kepala Desa (Kades) Maindu, Tulip Adi Tahar dan juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Pipiet Wibawanto.

Waka ADM Tuban Barat Muchlisin mengatakan, setelah kami melihat beberapa titik sember mata air di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban semakin sedikit, kususnya Desa Maindu, kami melakukan penanaman pohon buah yakni Jeruk, Sirsak, Trembesi, dan Sukun yang dibantu oleh masyarakat Desa Hutan (MDH) Desa Maindu.

"Penanaman pohon buah bertujuan untuk menyelamatkan sumber mata air, selain itu pohon buah juga bisa di manfaatkan oleh masyarakat sekitar," ujar Muclisin kepada blokTuban.com.

Selain untuk menyelamatkan sumber mata air yang berada di Desa Maindu, penanaman pohon juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan yang terkait dengan perekonomian masyarakat Desa Maindu.

"Pohon buah tersebut akan dikelola bersama dan warga Desa Maindu juga dapat menikmati dari hasil pemanenan nanti," pungkasnya. [hud/rom]