20:00 . Pemuda Ini Benjol-Benjol Usai Dikeroyok Sekelompok Orang Tak Dikenal   |   19:00 . Warna Hijab Paling Banyak Diminati Remaja, Bikin Kulit Terlihat Lebih Cerah!   |   18:00 . Laris Manis, Aneka Jajanan Murmer Beromzet Ratusan Ribu per Hari   |   09:00 . Rahasia Bisnis Kue Dumbeg Bertahan hingga Tiga Generasi   |   07:00 . Studi Buktikan Lingkungan Hijau dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anak   |   18:00 . Penyuluh Agama Kecamatan Widang Lakukan Gibas Buluh   |   17:00 . Bermodalkan Rp200 Ribu, Pengusaha Kue Ini Beromzet Jutaan   |   13:00 . ORTN BRIN Bersama Anggota DPR RI Bantu Petani Tuban Benih Padi Varietas Inpari Sidenuk   |   12:00 . Bantu Herd Immunity, Wihadi dan Kader Gerindra Tuban Turun Gunung Gelar Vaksinasi   |   09:00 . Jago Bisnis Desain dan Ilustrasi, Pemuda Tuban Diundang ke Wakatobi Ilustrasikan Aset Budaya   |   08:00 . Perempuan Desa Klotok Ini Hasilkan Cuan dari Merajut   |   07:00 . Bermain di Masa Pandemi Jadi Kebutuhan Dasar Anak yang Harus Terpenuhi   |   21:00 . Gemar Buat Kue, Kini Fudgy Brownies Dapur Aga Hadir Di Tuban   |   20:00 . Sate Korea Mr. Baek, Santapan Nikmat Harga Bersahabat   |   18:00 . Baju Bekas Kembali Digemari Jadi Peluang Usaha di Tengah Pandemi   |  
Thu, 21 October 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Camat Senori, Eko Juliyanto, S.STP.

Harus Totalitas dalam Menjalankan Tugas

bloktuban.com | Thursday, 03 December 2015 12:00

Harus Totalitas dalam Menjalankan Tugas

Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Sosok muda yang energik dan produktif, kini dimiliki Kabupaten Tuban, ialah Camat Senori, Eko Juliyanto S.STP. Dengan tangan dinginnya ia mampu menjadikan Kecamatan Senori menjadi menonjol, meskipun secara geografis wilayah tersebut paling selatan dan jauh dari Kota/ Kabupaten. Bahkan beberapa waktu lalu pihaknya mendapatkan penghargaan dari Provinsi Jawa Timur dalam perlombaan Cipta Menu yang beragam.

Pria kelahiran Rembang, 1 Oktober 1977 ini, sudah sejak lama mengabdikan diri untuk negeri ini, dalam mengurusi administrasi daerah. Sebelum ia ditunjuk sebagai Camat Senori, pihaknya menjabat sekretaris Kecamatan Tuban Kota. Beliau tamat dari pendidikan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) pada tahun 2000 silam. Menurutnya, mengabdikan diri untuk bangsa dan negara tak boleh setengah-setengah. "Harus totalitas dalam menjalankan tugas," ujar bapak tiga anak ini.

Pihaknya mengaku butuh waktu untuk menyesuaikan kondisi dan lingkungan sosial di Kecamatan Senori. Pasalnya, masyarakat mayoritas terkenal agamis dan cenderung kental menerapkan norma-norma dan nilai agama. Oleh karena itu, ia mengaku akan membuat branding nama Kecamatan Senori dengan sebutan "Kampung Santri". Sebab saat ini sudah terdata sebanyak 32 pondok pesantren yang berada di wilayah Senori. Namun tidak menutup kemungkinan juga ada masyarakat dari kalangan abangan, misal desa yang di sebelah timur dan selatan. Ia mencontohkan Desa Rayung, Katerban, Malo, Banyuurip dan lain di sekitarnya.

"Dengan kondisi masyarakat yang beraneka ragam, kami selalu menggunakan pendekatan emosional, apabila melakukan proses mediasi di daerah tersebut, terutama apabila terjadi konflik sosial," ungkapnya kepada bT, sebutan akrab blokTuban.com.

Dalam memimpin Kecamatan Senori, pria kelahiran Kabupaten Rembang, Jawa Tengah itu mengaku mendapatkan pembelajaran yang luar biasa. Antara lain bisa lebih dekat dengan para ulama'. Dan dalam memimpin, dirinya sangat terbuka kepada siapapun, tanpa melihat status sosial. "Pada intinya apabila pihaknya dibutuhkan, karena sebagai pejabat publik maka wajib bagi kita bisa melakukannya, misal kita kalau bisa, mengapa tidak dimanfaatkan," tambahnya saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Baginya tidak mudah mengelola daerah yang bukan daerah aslinya. Namun dengan semangat dan keihlasanya dalam menjadi panutan di Kecamatan Senori, kini bapak dua anak tersebut mampu berkomunikasi kepada setiap elemen. Saat ini pihaknya masih berfikir bagaimana nantinya desa-desa itu bisa mandiri dan memiliki produk unggulan, sehingga mampu menambah nilai khas daerah tersebut.

Kecamatan Senori sampai saat ini masih mengandalkan sektor pertanian. Bahkan dengan bangganya, ia menjelaskan bahwasannya tembakau yang dihasilkan petani di Senori sangat berkualitas tinggi dan menjadi pemasok terbesar se-Kabupaten Tuban. Selain itu, ada produk unggulan juga yakni "Melonisasi".

"Program ini masih akan kami kembangkan di wilayah yang sangat berpotensi, seperti wilayah Katerban, Rayung dan sekitarnya," jelasnya semangat.

Selain sektor pertanian, dengan adanya Industri Migas di wilayah Senori akan menambah penghasilan dan kesejahteraan masyarakat setempat. Sebab saat ini potensi kandungan Migas di Senori cukup tinggi.  "Jangan sampai masyarakat menjadi korbanya, oleh karena itu kami akan proaktif dalam memediasi dan koordinasi, baik ke perusahaan, pejabat desa maupun masyarakat langsung," tambahnya.

Baginya, dalam membangun daerah itu harus sinergis, terutama dengan jajaran di internalnya. Pasca itu barulah membangun intensitas hubungan ke instansi-instansi terkait, guna mensolidkan daerahnya. Ia juga menuturkan sering bersilaturrahim ke kyai-kyai di Senori, agar mendapat pencerahan dan petunjuk dalam berjuang bersama di Bumi Wali ini, sebutan Kabupaten Tuban. "Alhamdulillah, semoga selalu mendapat yang terbaik, ini juga bagian dari berjuang," pungkasnya kepada bT. [hid/mu]


Profil Camat Senori

Nama      : Eko Juliyanto, S. STP.
TTL         : Rembang, 01 Oktober 1977
Alamat    : Perumahan Kedung Ombo, Blok B, 15 Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban
Istri        : Ratnawati  
Anak       : 1. Laila Nur Hidayah
                 2. Rizqi Iman Bahari Fajrin
                 3. Dianda Naufal Rahmanda

Pendidikan : STPDN (Lulus Tahun 2000)

Jabatan : - Sekretaris Kecamatan Tuban Kota
              - Camat Senori (2012 - Sekarang)

Tag : Camat Senori, Eko Juliyanto



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more