Jelang Konser Wali, 466 Petugas Siaga

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sekitar 466 petugas disiagakan untuk mengamankan konser band Wali yang akan memeriahkan Hari Jadi Tuban (HJT) ke 722 di Alun-alun Kota, Senin (16/11/2015) malam.

Apel siaga dilaksanakan sore sekitar pukul 17.00 WIB di halaman kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Pasukan yang ikut menghadiri apel berasal dari Polres Tuban, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Pemadam Kebakaran (PMK) Tuban.

"Saya ingin agar rekan-rekan bisa mengontrol diri ketika melakukan konser nanti malam," kata Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Guruh Arief Darmawan, ketika memimpin apel pasukan.

Guruh menjelaskan, petugas tidak dibenarkan melakukan tindakan kekerasan ketika melakukan pengamanan. Petugas harus mengutamakan pendekatan humanis yang datang ke konser nanti malam.

"Biasanya kalau ada yang datang dengan mabuk ataupun lepas kontrol, tolong diberitahu dengan baik-baik. Jangan mentang-mentang bawa pentungan tidak bisa mengontrol diri," terang Guruh mengingatkan anggotanya.

Petugas jaga nanti malam diperbolehkan untuk melakukan pembelaan diri. Apabila ada pihak-pihak yang menyerang petugas ataupun membahayakan masyarakat lain. "Kalau itu, boleh untuk ditindak tegas," tambahnya.

Petugas gabungan akan disiagakan dibeberapa titik lokasi. Mulai pusat keramaian di Alun-alun Tuban, sampai di akses jalan lalu lintas menuju ke lokasi. [pur/mad]