Skip to main content

Category : Wisata & Kuliner


Sidokumpul, Sentra Rengginang Bumi Wali

Pertahankan Rasa, Proses Pengolahan Secara Tradisional

Semua proses pengolahan rengginang di Dusun Bendo, Desa Sidokumpul, Kecamatan Bangilan, Tuban, masih dilakukan secara tradisonal. Proses diawali dengan pemilihan ketan yang berkualitas baik. Yaitu ketan yang tidak berbau apek dan tidak mengeluarkan bubuk.

Jelajah Tuban

Tak Pernah Kering, Erat dengan Sumur Wali

Eloknya Sendang Kalangan di Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban tersimpan sebuah sejarah dimana awal mulanya sendang tersebut ada, dan masih melekat pula tradisi leluhur, seperti sedekah bumi atau manganan yang digelar setiap tahun.

Jelajah Tuban

Eloknya Sendang Kalangan Montongsekar

Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, memang mempunyai banyak potensi wisata alam yang dapat menarik para wisatawan, baik lokal maupun luar daerah. Mulai dari pegunungan, goa, dan sumber mata air.

Pantai Sowan Diproyeksikan Jadi Ikon Tuban

Rencana Kerja Sama pengembangan Pantai Sowan telah dibahas antara Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Jatirogo selaku pemilik lahan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Kerja sama bertujuan menjadikan pantai Sowan lebih menarik.

Sidokumpul, Sentra Rengginang Bumi Wali

Berharap Punya Merek Paten

Biarpun terbilang cemilan lawas, makanan ringan yang disebut rengginang tidak pernah tergerus zaman. Buktinya, usaha pembuatan rengginang tetap eksis. Salah satunya adalah sentra pembuatan rengginang di Dusun Bendo, Desa Talok, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa timur. Di desa ini terdapat puluhan pengrajin rengginang. Sebagai kabupaten yang kaya budaya, Tuban juga memiliki beragam makanan khas daerah.<br />&nbsp;

Panganan Tuban

Sidokumpul, Sentra Rengginang Bumi wali

Salah satu camilan tradisional khas masyarakat Bumi Wali adalah rengginang. Camilan ini terbuat dari beras ketan. Ada dua jenis beras ketan yang biasa digunakan sebagai bahan baku rengginang, yakni beras ketan hitam dan putih. Tak ada perbedaan soal rasa dari dua bahan tersebut. Perbedaan paling mencolok hanya terletak pada warna tampilannya saja yang merujuk pada warna bahan baku, yakni hitam dan putih.

Panganan Tuban

Menggugah Selera, Sehari 40 Kilogram Daging Nyabik Ludes

Lantaran bumbu alami yang nendang dibalur daging biawak, tak khayal warung yang berdiri sekitar 27 tahun silam itu mampu menghabiskan kurang lebih 40 kilogram daging biawak setiap harinya.

Panganan Tuban

Olahan Daging Nyabik ala Warung Mak Ti

Panganan tuban edisi 24 April 2016, kali ini mengajak blokers (pembaca setia blokTuban.com), untuk mengunjungi warung sederhana yang berjuluk 'Warung Mak Ti'. Terdapat satu menu unik andalan warung tersebut, yakni olahan daging biawak atau masyarakat sekitar menyebutnya nyabik.

Jelajah Tuban

Banyu Langsih dan Legenda Putri Sri Langche

Siapa yang menyangka bahwa wisata alam sungai banyu langsih yang berada di Desa Boto Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban, selain memiliki keindahan alam yang mampu memikat hati pengunjung, ternyata juga memiliki sejarah legenda. Legenda banyu langsih memang sangat lekat dengan putri keturunan cina, diyakini oleh masyarakat setempat memang nyata adanya.