Eloknya Sendang Kalangan Montongsekar

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, memang mempunyai banyak potensi wisata alam yang dapat menarik para wisatawan, baik lokal maupun luar daerah. Mulai dari pegunungan, goa, dan sumber mata air.

Salah satunya adalah sumber mata air yang terdapat sebuah kolam kuno yang mempunyai nama 'Sendang Kalangan'. Kondisi sendang Saat ini banyak dikunjungi oleh para pemuda-pemudi dari luar Desa Montongsekar.

Lokasi sendang kalangan cukup strategis, begitu juga sendang tersebut luasnya hampir satu hektare, sehingga mudah untuk dijangkau para pemuda-pemudi maupun seluruh kalangan masyarakat yang ingin menikmati fasilitas yang telah disediakan.

Untuk rute, apabila dari arah Kota Tuban, ambilah jurusan menuju Kecamatan Montong, dan selanjutnya tepat di Polsek Montong ambil jalan belok kiri kurang lebih hanya berjarak 500 meter.

"Dalam perencanaan kami, sendang yang lokasinya cukup strategis tersebut dan yang dihiasi pohon-pohon yang besar serta kolam kuno (peninggalan zaman Belanda) akan dijadikan tempat wisata alam, agar bisa menambah Pendapatan Asli Desa (PADes)," ujar Kasmuji, Kepala Desa (Kades) Montongsekar, Jumat (29/4/2016).

Kades menambahkan, sendang kalangan satu tempat yang layak untuk dijadikan wisata alam, karena pemandangannya yang bagus dan adanya sumber mata air beserta kolam kuno menjadi andalan.

"Selain menambah PAD, potensi tersebut apabila talah menjadi wahana wisata, juga bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar," sambung Kasmuji.

Setelah tahun kemarin dibangun rumah (Gedung), tahun ini rencananya akan dibangun kolam renang untuk anak-anak, guna menambah fasilitas yang dapat menunjang sendang tersebut. "Termasuk mengutamakan fasilitas multifungsi yakni untuk belajar dan bermain," pungkasnya.

Untuk saat ini tempat tersebut telah banyak dikunjungi siswa-siswi sekolah, dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Juga saban sore hari para pemuda-pemudi banyak yang berolahraga di lokasi tersebut. [hud/rom]